Jakarta (ANTARA) - Setelah merilis single pertama untuk “Back 4 Good” pada Juli, grup musik asal Yogyakarta Jikustik kembali meluncurkan single berjudul “Aku Bukan Untukmu (Rework)”, yang menandai album mini tersebut sudah lengkap.

Sebagai salah satu karya terbaik yang dilahirkan oleh Icha Aji (bass, vokal) pada 2002, lagu "Aku Bukan Untukmu" telah menjalani perjalanan panjang hingga akhirnya dipopulerkan oleh Rossa, menurut informasi dari siaran pers Jikustik. Lagu itu menjadikan berperan membuat dia menjadi salah seorang diva musik di Indonesia.

Karya itu memiliki sejarah yang menarik, yang seharusnya menjadi bagian dari salah satu album pada era kemunculan pertama Jikustik. Namun, karena beberapa pertimbangan produser saat itu, lagu "Aku Bukan Untukmu" tidak dimasukkan ke dalam album band.

Baca juga: “Pujaan Hatiku” jadi single ketiga di mini album Jikustik

Setelah itu, "Aku Bukan Untukmu" mendapat perhatian di tingkat internasional dan hampir dinyanyikan oleh Diva Malaysia, Siti Nurhaliza. Namun, karena kendala teknis, Icha Aji memutuskan untuk membatalkan niatnya untuk memberikan lagu ini kepada Siti Nurhaliza.

“Bisa membawa pulang karya ini dan kembali ke rumah di era ketiga Jikustik serta menyanyikannya kembali bersama teman-teman saya di Jikustik adalah suatu kehormatan bagi saya,” ujar Icha Aji.

Dalam setiap penampilan Jikustik di berbagai kota Indonesia, Icha Aji mengungkapkan bahwa lagu "Aku Bukan Untukmu (Rework)" berasal dari pengalaman pribadinya lebih dari 20 tahun yang lalu.

Sebagai salah satu band dengan lebih dari dua dasawarsa pengalaman di industri musik, Jikustik telah mempraktikkan kebijakan inklusif sejak awal perjalanan mereka. Grup yang beranggotakan Icha Aji (Vokal dan bass), Adit (Keyboard), Ardi Nurdin (Gitar), dan Carlo (Drum) selalu memberikan kesempatan yang sama kepada semua personil band untuk berkreasi dan memberikan penampilan terbaik kepada para pecinta musik di Indonesia, sekaligus tetap mengikuti aturan atau kaidah Jikustik yang dikenal dengan gaya pop manis mereka yang telah menjadi ciri khas di mata penggemar musik Indonesia.

“Kembali kerumah adalah istilah yang sangat tepat untuk menggambarkan single pamungkas di Mini Album 'Back 4 Good' ini. Menurut saya, kami berempat berhasil menghadirkan kembali ‘Aku Bukan Untukmu (Rework)’ dengan sentuhan musikal ala Jikustik yang telah menjadi ciri khas Jikustik selama lebih dari dua dasawarsa,” kata Ardi.

Baca juga: Jikustik kampanyekan "Musik Untuk Semua" sebagai ruang inklusif seni

Baca juga: Jikustik rilis mini album baru setelah delapan tahun absen

Baca juga: Aksi panggung Sakti eks-So7, Eross: cuma kangen-kangenan!


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023