Jakarta (ANTARA) - Lagu hits "Setia" yang pernah dipopulerkan oleh grup band Jikustik pada tahun 2000 kini dibawakan ulang penyanyi Rando Sembiring.

Diproduseri oleh Seno M. Hardjo, Rando kali ini membawakan single karya Pongki Barata tersebut.

"Kenapa memilih lagu ini? Karena selain senang, saya ingin memberi apresiasi yang tinggi kepada mas Pongki, inilah selain salah satu lagu terbaik mas Pongki," kata Rando Sembiring dalam siaran pers pada Kamis.

Rando mengatakan versi baru tentunya terdengar menjadi lebih fresh dan kekinian. “Saya berharap music lover akan menerima dan memasukkan “Setia” dalam playlist harian mereka,” ujar Rando

Baca juga: Alasan Pongky hengkang dari Jikustik

"Kalau Rando mendengarkannya (lagu ini) berbeda, apalagi cara membawakan lagunya juga berbeda. Ini lagu," kata Rando. Meski demikian, Rando juga tidak terlalu banyak menggubah single ini sedemikian jauh. Karenanya tulang punggung utama lagu tersebut tetap dipertahankan. "Karena lagunya sudah enak," katanya.

Lagu "Setia" sekaligus menjadi penanda single kelima Rando. Lagu ini akan masuk bursa digital market, pertengahan November 2021. Rando sendiri menambahkan, parameternya dalam me-recycle lagu, adalah dengan tidak menghilangkan corak lagu aslinya.

Kedua, karena semua penyanyi berbeda cara pembawaannya, maka hasil pembawaan lagunya pun jadi beda. "Setiap penyanyi mempunyai skill dan kapasitas yang berbeda. Saya berharap, dengan beda versi ini, masyarakat enjoy dan nerima lagu ini. Makanya tidak perlu kita macem macemin lagi,” tandasnya.

Rando sebelumnya pernah bekerjasama dengan Badai. Dengan menghasilkan dua single, yaitu "Cinta Jangan Pergi", dan single keempat "Lakukanlah Teruskanlah". Di kedua lagu itu, Badai menangani proses kreatifnya. Dari menulis lagu, menata aransemennya. Sampai music director-nya juga ditangani oleh Badai.

"Hasilnya cocok, karena mungkin karya Badai keren. Dulu saya penggemar Kerispatih. Sebelum ketemu mas Seno, dan kemudian mempertemukannya dengan bang Badai. Ternyata Tuhan baik, dan kesampaian. Jika dijumlahkan penikmat dua single tadi sudah mencapai hampir 200 ribu listener. Merujuk pada single rilisan tahun 2019, dan 2020," kata dia.

Single lainnya, yang dihasilkan Rando bersama Seno M.Hardjo adalah lagu milik almarhum Dian Pramana Poetra dengan penata musik brilian Ifa Fachir, bertajuk "Selamanya Milikku".

Lagu ini dinyanyikan bertiga, selain Dian Pramana Poetra, Rando Sembiring dan salah satu penyanyi muda yang sedang bersinar, Barsena Bestandhi. Sedangkan single pertama Rando, berjudul "Menunggu" ciptaan Endi Irfan dirilis tahun 2012, saat dia masih bergabung dengan label Nagaswara.

Sempat hiatus untuk kerja beberapa waktu lamanya, Rando akhirnya kembali ke dunia musik.

"Saya bersyukur di masa pandemi, dikasih Tuhan untuk terus dapat berkarya. Karena yang kesusahan bukan 1,2,3,4 musisi tapi banyak musisi, seluruh dunia malahan. Pesan saya, tetap semangat kepada teman teman musisi semua agar tetap berkarya," katanya sembari menjelaskan, dalam penggarapan video klip "Setia" dirinya dibantu oleh Jessica Odilia dan Gandhi Fernando, sebagai model video musiknya.

Dengan mengambil lokasi syuting di salah satu RS di Bandung. Video klip "Setia" bernarasi tentang kekasih yang setia, mendampingi buah hatinya. Meski dihantam Pandemi, COVID-19. "Jadi related dengan keadaan saat ini," pungkas Rando Sembiring.

Baca juga: Rando Sembiring luncurkan "single" debut "Cinta Jangan Pergi"

Baca juga: "Maaf" Jikustik sapa penggemarnya di Jakarta

Baca juga: Jikustik reuni lagi

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021