Beijing, (ANTARA/PRNewswire)- Presiden Tiongkok Xi Jinping mendapat sambutan hangat dari para pejabat Amerika Serikat (AS) di bandara setelah tiba di San Francisco, Selasa lalu, untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden, serta menghadiri 30th APEC Economic Leaders' Meeting.

Para pejabat AS, termasuk Gubernur California Gavin Newsom dan Menteri Keuangan Janet Yellen, berada di bandara dan menyambut Presiden Xi.

Di sepanjang jalan dari bandara menuju hotel, banyak warga Tiongkok di luar negeri berbaris dan melambaikan bendera Tiongkok dan Amerika Serikat guna menyambut Xi.

"Kami menyambut baik kunjungan Xi. APEC menjadi kesempatan bagi Xi dan Biden memulihkan hubungan kedua negara dan terus berkembang," ujar Robert Weisenmiller, mantan Ketua Komisi Energi California.

Kedua presiden akan terlibat dalam pembahasan mendalam tentang isu-isu strategis, umum, dan sangat penting dalam hubungan Tiongkok-AS, termasuk permasalahan utama yang berkaitan dengan perdamaian dan pembangunan dunia, seperti disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Mao Ning, Senin lalu.

Perbincangan mendatang Xi dan Biden akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara kedua presiden setelah bertemu di sela-sela KTT G20 tahun lalu di Bali, Indonesia. Namun, 2022 menjadi momen yang sulit antara kedua negara tersebut, terutama ketika Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi wilayah Taiwan milik Tiongkok sehingga memperburuk hubungan bilateral.

Optimisme secara perlahan meningkat pada tahun ini. Beijing dan Washington menjalin kembali komunikasi dan mempertahankan interaksi rutin di berbagai sektor dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini melatarbelakangi pembahasan mendatang antara kedua pemimpin tersebut.

Dunia tengah menyaksikan kiprah kedua kepala negara tersebut dalam meningkatkan hasil pembahasan di Bali, serta membuat perkembangan baru dalam hubungan bilateral di San Francisco.

"Saya gembira menyaksikan pemimpin Tiongkok dan AS mengatasi segala perbedaan geopolitik, dan kedua pihak berdiskusi secara rutin di APEC. Pertemuan ini terwujud karena kedua pihak menyadari pentingnya interaksi tersebut," kata mantan Direktur UN World Food Programme Ertharin Cousin.

Selama berkunjung, Presiden Tiongkok Xi Jinping juga akan menghadiri rangkaian kegiatan untuk mencari kesepakatan antara para pemimpin negara Asia Pasifik. San Francisco menjadi tuan rumah APEC Leaders' Week 2023 pada 11-17 November yang mengangkat tema "Creating a Resilient and Sustainable Future for All".

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023