hadirnya ZCorner di Kampus UIN Walisongo ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya Baznas untuk meningkatkan pendapatan UMKM binaan
Semarang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia meluncurkan ZCorner atau Zona Kuliner Halal di Kampus Universitas Islam Negeri Walisongo  Kota Semarang, Jawa Tengah, sebagai upaya mengoptimalkan pemasaran produk UMKM binaan Baznas.

“Alhamdulillah, dengan hadirnya ZCorner di Kampus UIN Walisongo ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya Baznas untuk meningkatkan pendapatan UMKM binaan serta dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja baru,” kata Ketua Baznas RI Kiai Haji Noor Achmad di Semarang, Sabtu.

Ia menyebutkan beberapa gerai ZCorner yang sudah terintegrasi berupa Cafe ZCoffee, ZMart dan ZChicken telah dibangun sebagai proyek percontohan, salah satu titik ZCorner tersebut berada di pelataran samping Masjid Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus 2 UIN Walisongo  Kota Semarang.

Menurut dia, kehadiran ZCorner ini juga bisa menguatkan branding dan informasi produk mustahik binaan di dalam Kampus UIN Walisongo.

"Di ZCorner ini tersedia beraneka produk UMKM binaan Baznas yang telah tersertifikasi halal seperti ZChicken, ZCoffee, Zmart dan produk kuliner halal lainnya yang bisa dinikmati oleh dosen, mahasiswa, tamu dan masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menambahkan kehadiran ZCorner di lingkungan Kampus UIN Walisongo dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi mahasiswa menjadi seorang wirausaha.

Baca juga: 500 pelaku UMKM Bekasi terima bantuan modal usaha

Baca juga: Baznas Bekasi salurkan bantuan 46 gerobak UMKM


"Dengan adanya ZCorner ini diharapkan bisa menjadi salah satu media publikasi dan sosialisasi produk-produk mustahik binaan Baznas dan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa," katanya.

Selain itu, lanjut dia, ZCorner ini dapat menjadi salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk menyediakan berbagai kebutuhan dan melayani berbagai tamu atau pengunjung, termasuk dosen dan para mahasiswa yang berada di Kampus UIN Walisongo.

Ia menjelaskan bahwa UIN Walisongo Semarang dipilih sebagai proyek percontohan ZCorner karena telah memenuhi persyaratan seperti memiliki sarana ibadah masjid, lembaga sertifikasi halal dengan nama Walisongo Halal Center yang telah membina lebih dari ribuan UMKM.

"Potensi pasarnya juga sangat besar, dengan ribuan mahasiswa, tamu, dan masyarakat sekitar. Selain itu, pemandangannya yang bagus, terdapat joglo santai, toilet bersih dan musala," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang Mukhsin Jamil menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik antara UIN Walisongo Semarang dan Baznas, khususnya pada peluncuran ZCorner yang terdiri atas berbagai elemen seperti ZCoffee, ZChicken dan produk kuliner lainnya.

"Mudah-mudahan ke depan apa yang dilakukan ini adalah sebuah permulaan yang nantinya akan diikuti oleh fakultas-fakultas lain sehingga kegiatan kita akan lebih masif, sebagai kontribusi kita terhadap penyelesaian masalah bangsa," katanya.

Baca juga: Baznas serahkan sertifikat halal kepada puluhan UMKM binaan

Baca juga: BAZNAS luncurkan Microfinance Desa bantu pelaku UMKM kembangkan usaha

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023