Banyumas (ANTARA News) - Lokalisasi Gang Sadar di Kawasan Wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tutup selama bulan Ramadan dan seratus lebih pekerja seks komersial (PSK) beserta induk semangnya bakal dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

"Tempat ini akan dikosongkan, karena seluruh anggota paguyuban akan pulang kampung mulai 5 Juli mendatang," kata Ketua Paguyuban Penghuni Gang Sadar, Amir Sutoyo kepada wartawan, di Baturraden, Banyumas, Senin.

Menurut dia, hal itu dilakukan sebagai penghormatan bagi warga yang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa sebelum pulang kampung, anggota paguyuban akan berkumpul guna pembagian tabungan yang hingga akhir Juni mencapai Rp400 juta dan tersimpan di sejumlah bank.

"Biasanya, tabungan yang terkumpul rata-rata mencapai Rp1,5 miliar per tahun. Bahkan, pernah mencapai Rp1,8 miliar," katanya.

Ia mengakui bahwa jumlah PSK yang tersebar di Gang Sadar I dan Gang Sadar II sangat berfluktuatif, yakni berkisar 85-150 orang dengan 36 orang induk semang, sehingga berdampak pada jumlah tabungan.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Dwiyono melalui Kepala Satuan Sabhara Ajun Komisaris Polisi Bambang Sidik mengatakan bahwa pihaknya menggelar Operasi Cipta Kondisi menjelang datangnya bulan Ramadan demi kenyamanan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013