Makanya pada set keempat saya ubah komposisi pemain
Jakarta (ANTARA) - Tim putri Popsivo Polwan menjuarai putaran reguler kedua Livoli Divisi Utama 2023 usai mengalahkan Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia dengan skor 3-2 (19-25, 25-13, 25-16, 12-25, 15-11 ) pada partai final putri yang berlangsung di GOR Ki Mageti, Magetan, Sabtu.

Kedua tim finalis ini juga dipastikan akan berlaga di babak final four yang akan berlangsung di GOR Joyoboyo, Kediri, 1-10 Desember 2023.

Partai final ini berlangsung ketat. Set pertama, Petrokimia lebih dulu unggul 25-19. Namun, pada dua set berikutnya giliran Popsivo berbalik unggul pada set kedua dan ketiga 25-13 dan 25-16.

Set keempat Popsivo tertinggal jauh di awal hingga 0-8 dan berakhir dengan 25-12 untuk kemenangan Petrokimia. "Anak-anak terlalu lelah set keempat karena staminanya menurun," kata Reidel Alfonzo Gonzales Toiran usai laga.

Set penutup atau set kelima pertarungan berlangsung ketat di awal set. Pada kedudukan imbang 8-8, akhirnya terhenti dan Popsivo melejit 15-11.

"Kondisi anak-anak sudah pulih dan bisa bermain normal pada set kelima," tambah Toiran.

Sementara itu, pelatih Petrokimia, Pedro Lilipali mengatakan tim asuhannya pada set kedua dan ketiga banyak melakukan kesalahan di receive. Sehingga menurut Pedro, Popsivo banyak mendapatkan poin di set dua dan tiga.

"Makanya pada set keempat saya ubah komposisi pemain dan ternyata (strategi tersebut) berhasil," ungkapnya.

Selain menerima piala, keempat tim juga menerima hadiah uang pembinaan. Sebagai juara pertama, Popsivo menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta. Peringkat kedua, Petrokimia menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 15 juta. Sedangkan peringkat ketiga, Bank Jatim menerimaRp 12,5 juta, dan keempat Bharata Muda Rp 10 juta.

Baca juga: Tim putri Petrokimia dan Popsivo amankan tiket final four
Baca juga: Tim putri Bank Jatim terhindar dari degradasi ke Livoli Divisi Satu

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023