Kami akan memulai membuka pasar UMKM Bengkulu di Malaka, Malaysia....
Bengkulu (ANTARA) - Provinsi Bengkulu membuka pasar untuk produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) provinsi berjuluk Bumi Rafflesia ini di negeri jiran Malaysia.
 
"Kami akan memulai membuka pasar UMKM Bengkulu di Malaka, Malaysia, saya kira ini akan menjadi lompatan yang luar biasa," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Minggu.
 
Dia mengatakan saat ini sudah mulai memasarkan hasil produksi kopi berkualitas Bengkulu di beberapa kafe di Malaysia.
 
"Alhamdulillah sudah ada 5-6 outlet yang sekarang sudah berkembang di Malaysia, ternyata kopi Bengkulu mendapatkan sambutan yang baik di Malaysia," kata dia.
 
Bengkulu sendiri memiliki beberapa komoditas unggulan yang dapat dipasarkan untuk pasar internasional. Contohnya seperti kopi robusta, karet, sawit, komoditas olahan laut dan juga kekayaan laut.
 
Untuk meningkatkan nilai dari komoditas unggulan Bengkulu, tentunya membutuhkan sektor produksi mumpuni dan pengolahan terbaik sebelum dipasarkan ke pasar internasional.
 
Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan nilai komoditas dan produk daerah yakni dengan mendorong mutu UMKM di Bumi Rafflesia menjadi lebih baik lagi.
 
"Kami sudah membina sekitar 30 UMKM yang alhamdulillah nilai pemasarannya besar sekali sejak peluncuran sekitar September setahun lalu," ujar Rohidin.

Upaya lainnya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu, yakni mengundang para investor asing, termasuk investor dari Malaysia dalam kegiatan Bencoolen Regional Investment and Economic Forum, Meeting One On One 2023 di Bengkulu yang digelar 17-19 November 2023.

"Ini forum yang ketiga kalinya kami gelar, yang pertama sebagai pengenalan, dan yang kedua kami sudah mulai mendatangkan beberapa investor, waktu di Jakarta. Mudah-mudahan untuk kali ini maksud saya itu sudah ada eksekusi investasi apa yang bisa ditanamkan investor di Bengkulu termasuk sebenarnya menyelesaikan investasi yang sudah ada," ujar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.
Baca juga: Menperin: digitalisasi buat pelaku IKM dan UMKM perluas pasar
Baca juga: Pemerintah fasilitasi 1.000 sertifikat halal gratis bagi UMKM Bengkulu

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023