SAP Meluncurkan Inovasi dalam Pengembangan Aplikasi AI Generatif, Kemampuan Database Vektor, dan Peluang Pembelajaran Baru bagi Developer di Era AI

Bangalore, India (ANTARA/PRNewswire)- Dalam acara SAP TechEd 2023, SAP SE (NYSE: SAP) mengumumkan rangkaian kemampuan AI generatif yang terbaru dan komprehensif, ditujukan untuk memberdayakan para developer dari setiap tingkat kemampuan untuk meningkatkan bisnisnya di era kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Pada masa kini,  teknologi dan bisnis yang dinamis membuat setiap developer perlu menjadi AI developer," kata Juergen Mueller, Chief Technology Officer dan anggota dari Executive Board SAP SE.

"Banyak inovasi yang kami luncurkan di SAP TechEd, mulai dari alat pro-code yang terintegrasi dengan AI hingga one-stop shop untuk membuat ekstensi dan aplikasi AI generatif pada SAP Business Technology Platform. Hal ini dilakukan untuk mendukung para developer di masa revolusi AI dan memberi mereka sumber daya yang mereka butuhkan untuk mentransformasi cara menjalankan bisnis."

Seiring organisasi-organisasi bertujuan mendapatkan nilai bisnis dari AI generatif, kolaborasi yang efektif antara developer profesional dan non-profesional sangatlah penting.

SAP meluncurkan SAP Build Code, solusi untuk penyederhanaan kerjasama antara pakar bisnis yang menggunakan solusi berkode rendah SAP Build yang diluncurkan pada SAP TechEd 2022 lalu. Dibangun secara unik untuk aplikasi dan ekosistem SAP, solusi-solusi pada SAP Build Code menawarkan solusi produktivitas berbasis AI bagi para developer yang telah teroptimalisasi untuk perkembangan Java dan JavaScript. Selain itu, SAP Build Code juga memanfaatkan kekuatan kopilot AI generatif baru SAP, Joule –kopilot yang benar-benar memahami bisnis– untuk meningkatkan produktivitas, menanamkan kemampuan pembuatan kode untuk model data, application logic, dan test script creation.

Data yang bagus merupakan fondasi dari AI yang bagus, dan SAP HANA Cloud terus menjadi pionir dalam inovasi bidang data melalui penambahan fitur-fitur database vektor baru kedalam penawaran multimodel tanpa biaya tambahan. Penyimpanan data vektor mengelola data tanpa terstruktur –seperti teks, gambar, atau audio– agar menyediakan memori jangka panjang dan konteks yang lebih baik pada model AI. Hal ini dapat mempermudah proses pencarian dan pengambilan objek serupa dengan cepat. Contohnya, para pengguna dapat mencari pemasok berdasarkan bahasa di dalam kontrak yang dimiliki untuk memeriksa riwayat pembayaran dan melacak pesanan individual. Fitur penyimpanan database vektor baru ini sangat membantu dalam meningkatkan interaksi antara Model Bahasa Besar (Large Language Models/LLM) dan data-data penting organisasi. Inovasi ini mendukung penempatan developer SAP pada garda terdepan dalam memberikan tingkat wawasan data terbaru dalam kerangka kerja yang privat dan aman melalui penggunaan data pelanggan khusus industri untuk mengurangi kekeliruan.

AI Foundation, sebuah one-stop-shop baru untuk para developer dalam menciptakan eksensi AI, AI generatif, serta aplikasi pada SAP BTP, secara lebih lanjut akan membantu meningkatkan dampak dan efisiensi para developer. AI Foundation memiliki segala kebutuhan developer dalam menciptakan peralatan AI yang siap bisnis di SAP BTP – mulai dari layanan AI yang siap digunakan, akses ke large language models terunggul, kemampuan database vector, hingga runtime AI dan manajemen lifecycle.

Perkembangan pesat dalam bidang inovasi teknologi meningkatkan permintaan global terhadap developer yang terampil. Untuk menyikapi hal ini, SAP meningkatkan peluang dalam pembelajaran. Sebagai perwujudan dari komitmen dalam meningkatkan keterampilan 2 juta profesional pada tahun 2025 dan melengkapi konten pembelajaran AI gratis yang telah tersedia, SAP meluncurkan sertifikasi role-based baru dan menyediakan sumber daya pembelajaran secara gratis bagi back-end developer menggunakan model pengembangan ABAP Cloud. Kedua sumber pembelajaran baru tersebut mencakup alat pengembangan ABAP pada SAP BTP dan SAP S/4HANA yang tersedia dalam situs SAP Learning. Hal ini dirancang untuk transformasi bisnis yang tangkas dan sesuai dengan cloud, memberikan keterampilan pada developer dalam membangun ekstensi cloud-ready yang selaras dengan strategi inti SAP.

SAP juga telah bergabung dengan Program Afiliasi Korporat Standford HAI (Institute for Human-Centered AI). Peneliti dan insinyur SAP akan bekerja sama dengan komunitas akademis Stanford, termasuk fakultas dan mahasiswa penelitian, dalam persimpangan antara AI generatif dan bisnis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pernyataan dalam SAP TechEd 2023, silahkan kunjungi panduan berita kami di sini.

Kunjungi SAP News Center. Ikuti SAP di @SAPNews.

About SAP

Strategi SAP adalah membantu setiap bisnis untuk berjalan sebagai perusahaan yang cerdas dan berkelanjutan. Sebagai pemimpin pasar dalam aplikasi software perusahaan, kami membantu perusahaan dari semua ukuran dan di semua industri untuk menjalankan yang terbaik: Pelanggan SAP menghasilkan 87% dari total perdagangan global. Pembelajaran mesin kami, Internet of Things (IoT), dan teknologi analitik canggih membantu mengubah bisnis pelanggan menjadi perusahaan yang cerdas. SAP membantu memberikan wawasan bisnis yang mendalam kepada masyarakat dan organisasi, serta mendorong kolaborasi yang membantu mereka tetap menjadi yang terdepan dalam persaingannya. Kami menyederhanakan teknologi bagi perusahaan, sehingga mereka dapat menggunakan software kami sesuai keinginan mereka – tanpa gangguan. Rangkaian aplikasi dan layanan kami yang menyeluruh memungkinkan pelanggan bisnis dan publik di 26 industri secara global untuk beroperasi secara menguntungkan, terus beradaptasi, dan membuat perbedaan. Dengan jaringan global yang terdiri dari pelanggan, mitra, karyawan, dan pemimpin pemikiran, SAP membantu dunia berjalan lebih baik dan meningkatkan kehidupan masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sap.com.  

This document contains forward-looking statements, which are predictions, projections, or other statements about future events. These statements are based on current expectations, forecasts, and assumptions that are subject to risks and uncertainties that could cause actual results and outcomes to materially differ. Additional information regarding these risks and uncertainties may be found in our filings with the Securities and Exchange Commission, including but not limited to the risk factors section of SAP's 2022 Annual Report on Form 20-F.



© 2023 SAP SE. All rights reserved.
SAP and other SAP products and services mentioned herein as well as their respective logos are trademarks or registered trademarks of SAP SE in Germany and other countries. Please see https://www.sap.com/copyright for additional trademark information and notices.

Note to editors:
To preview and download broadcast-standard stock footage and press photos digitally, please visit www.sap.com/photos. On this platform, you can find high resolution material for your media channels.

For customers interested in learning more about SAP products:
Global Customer Center: +49 180 534-34-24
United States Only: 1 (800) 872-1SAP (1-800-872-1727)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023