Selamat kepada Shinta
Jakarta (ANTARA) - Shinta Yosefina resmi menjadi anggota DPRD DKI menggantikan anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Anthony Winza Probowo dari fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Bersedia," kata Shinta dalam pengucapan sumpah sebagai penggantian antar waktu (PAW) DPRD DKI sisa masa jabatan 2019-2024 dalam rapat paripurna PAW Anggota DPRD DKI Jakarta, Senin.

Jawaban itu diucapkan saat Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menanyakan kesediaannya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Kini, Shinta resmi menggantikan posisi rekan satu partainya, Anthony Winza Probowo yang mengundurkan dari DPRD DKI Jakarta.

"Demi Tuhan, saya bersumpah, berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945," tambahnya.

Baca juga: DPRD DKI proses Shinta Yosefina gantikan Anthony eks PSI

Shinta kemudian mengucapkan sumpah serta janji, kemudian menandatangani berita acara rapat paripurna PAW Anggota DPRD DKI Jakarta.

Sementara, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut mengucapkan selamat kepada Shinta.

"Selamat kepada Shinta atas penggantian antar waktu (PAW) DPRD DKI Jakarta sisa masa-masa jabatan tahun 2019 2024 menggantikan saudara Antoni Winza Probowo dari fraksi Partai Solidaritas Indonesia, selamat menjalankan tugas," ujar Heru.

Keputusan ini berdasarkan rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta yang kemudian dilanjutkan pada rapat paripurna pada Senin ini. 

Penetapan jadwal ini merupakan tindak lanjut dari surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.4-6080 Tahun 2023 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD DKI Jakarta dan surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.4-6081 tentang peresmian pengangkatan pengganti antar waktu anggota DPRD DKI Jakarta.

Baca juga: Anggota DPRD DKI dituntut pendukungnya masuk PAW akibat janji kampanye

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina menjelaskan anggotanya, Anthony Winza Probowo mundur dari DPRD DKI Jakarta karena ingin melanjutkan studi di Harvard University, Amerika Serikat.

"Anthony akan melanjutkan studi Master Public Administration (MPA) sehingga mengundurkan diri sebagai anggota DPRD DKI Jakarta," kata Elva saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023