Bratislava (ANTARA News) - Mantan gelandang Slovakia, Jan Kozak, terpilih sebagai pelatih tim nasional pada Selasa setelah pelatih sebelumnya Stanislav Griga dan Michal Hipp dipecat karena hasil yang tidak memuaskan pada babak penyisihan Piala Dunia.

"Dewan Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Slovak (SFZ)memilih Jan Kozak sebagai pelatih kepala timnas mulai 2 Juli 2013 hingga 11 November 2015," ujar Kepala SFZ Jan Kovacik dalam satu pernyataan.

Kozak, 59 tahun, mantan gelandang merupakan pelatih tim papan atas Slovakia MFK Kosice, merupakan bagian dari timnas Cekoslowakia yang berhasil menggapai tempat ketiga di kompetisi Euro 1980.

Dia juga turut bermain membela Cekoslowakia dalam Piala Dunia 1982, yang kemudian terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia pada 1993.

Sebagai pelatih, Kozak sukses membawa MFK Kosice meraih gelar juara liga pada 1997 dan 1998, serta Liga Champions pada 1997.

Ia juga pernah menjadi headline media massa pada Juli 2009 ketika dia menyerang pelatih rivalnya dan terluka selama berlangsungnya pertandingan liga sehingga ia dihukum larangan bersentuhan dengan sepak bola selama tujuh bulan.

Griga dan Hipp, keduanya merupakan mantan pemain, menjadi pelatih tim nasional pada Mei 2012, tetapi Slovakia gagal bersinar dibawah asuhan mereka, hanya memenangi dua dari enam kali bertanding di Grup G babak kualifikasi Piala Dunia 2014.

Mereka dipecat pada pertengahan Juni setelah timnya hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Liechtenstein, dimana dengan hasil tersebut mengubur harapan Slovakia untuk ke putaran final Piala Dunia di Brazil, tidak mampu mengejar pemuncak grup Bosnia dan Herzegovina dengan tujuh poin dari empat pertandingan yang dimainkan, demikian AFP melaporkan.

Penerjemah: Junaedi Suswanto

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013