Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus melakukan pengembangan potensi wisata yang ada di setiap desa atau kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dalam upaya mendongkrak perekonomian warga.

"Upaya ini kami lakukan agar masyarakat bisa memanfaatkan berbagai potensi wisata alam yang dimiliki daerahnya, karena hampir di setiap desa atau kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi pada Senin, (20/11).

Menurut Marwan, pengembangan yang dilakukan oleh Pemkab Sukabumi mulai dari perbaikan akses jalan, melengkapi sarana dan prasarana objek wisata, pelatihan kepada masyarakat hingga mempromosikan.

Seperti yang dilakukan pihaknya terhadap keberadaan Situ Cijeruk, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, di mana pihaknya memberikan berbagai program untuk mengembangkan objek wisata ini agar lebih dikenal dan menarik wisatawan untuk datang.

Di Situ Cijeruk ini, orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi bersama jajaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat selain melakukan perbaikan insfrastruktur, juga mengadakan berbagai kegiatan salah satunya mengadakan mancing bersama.

Kegiatan serupa yang dilakukan pihaknya ini juga dilaksanakan di Situ Habibi yang berada di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade. Melalui dukungan program dari Pemkab Sukabumi diharapkan berbagai potensi wisata yang ada di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini bisa berdampak positif terhadap perekonomian warga.

"Maka dari itu, warga yang tinggal di sekitar objek wisata diharapkan bisa memanfaatkan potensi yang ada serta yang paling penting bersama-sama menjaga kelestariannya agar tidak rusak," tambahnya.

Marwan mengatakan kegiatan yang dilakukannya ini tidak akan berhenti di beberapa titik saja, tetapi dilakukan secara berkesinambungan. Bahkan, ia pun sudah memiliki agenda rutin yakni melakukan penyisiran terhadap keberadaan objek wisata yang bisa dikembangkan dengan tujuan selain meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) juga mendongkrak perekonomian warga.

Baca juga: Pemkab Sukabumi kenalkan wisata gurilapss

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023