Iskandariah, Mesir (ANTARA News) - Puteri Fawzia Fuad, anak perempuan dan saudara perempuan raja-raja Mesir dan istri pertama Shah Iran terakhir meninggal dunia pada Selasa di Iskandariah, kata seorang anggota keluarga bekas kerajaan dan perwira kepolisian.

Kematiannya pada usia 91 tahun juga dilaporkan di halaman Facebook bersama dengan kemenakan laki-lakinya, Raja Fuad II, raja terakhir yang diasingkan dari Mesir dan digulingkan, lapor AFP.

Fawzia, saudara perempuan ayah Fuad, Raja Faruk, menikah dengan Mohammad Reza Pahlavi pada 1939, sebelum dia naik tahta di Teheran. Mereka bercerai sembilan tahun kemudian.

Fawzia menikah lagi dengan seorang perwira Angkatan Darat Mesir sekembalinya dari Iran setelah perkawinannya yang gagal dengan Shah Iran itu. Pahlavi lalu menikah untuk kedua kali dan wafat di Kairo pada 1980, kurang dari setahun setelah ia digulingkan dalam revolusi Islam Iran.

"Keluarga kerajaan Mesir mengumumkan bahwa saat ini sedang berkabung atas wafatnya Yang Mulia Puteri Fawzia Fuad, anak perempuan Raja Fuad I dan saudara perempuan Raja Faruk I dan bibi dari Raja Fuad II dan mantan Ratu Iran," demikian bunyi pernyataan di halaman Facebook.

"Prosesi pemakaman untuk Yang Mulia Puteri Fawzia akan berlangsung setelah sholat Dzuhur pada Rabu," tambahnya.

Para keluarga terdekat Melekper Toussoun dan Mohamed Yakin, juga membenarkan wafatnya itu kepada Reuters. Yakin mengatakan Fawzia akan dimakamkan di Kairo.


Penerjemah: Mohamad Anthoni

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013