Shenzhen (ANTARA) - Delapan tahun lalu, Shenzhen meluncurkan pedoman pertama China untuk membangun sebuah kota ramah anak.

Sejak saat itu, kota tersebut telah merilis serangkaian langkah yang menjadi ujung tombak pembangunan untuk mencapai tujuan ini.

Data statistik menunjukkan bahwa pada Oktober 2023, sebanyak 452 pusat ramah anak tingkat kota dan lebih dari 1.260 taman untuk anak-anak dari berbagai kategori telah didirikan guna secara bertahap meningkatkan ruang aktivitas dan fasilitas pendidikan anak-anak di Shenzhen.

Sementara itu, 580 organisasi musyawarah anak, 761 panti asuhan di berbagai komunitas, dan lebih dari 1.270 ruang menyusui (nursery) telah dibangun untuk memperkaya kehidupan anak-anak dan memberikan kenyamanan bagi wisata anak-anak.

Kata "ramah anak" di Shenzhen telah berhasil dialihkan dari sekadar konsep menjadi konsensus dan tindakan kolektif di seluruh kota itu. Shenzhen akan terus melakukan uji coba dan berupaya mencapai tujuannya membangun kota ramah anak dengan ciri khasnya sendiri.

Berikut ini sekilas gambaran kota Shenzhen yang mulai identik dengan kota "ramah anak" tersebut dan terekam melalui jepretan kamera:
 
Foto dari udara yang diabadikan pada 17 November 2023 ini memperlihatkan anak-anak dan pendamping mereka bermain di sebuah taman anak-anak di dekat Stasiun Kereta Utara Shenzhen di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. (Xinhua/Mao Siqian)
 
Foto yang diabadikan pada 19 November 2023 ini menunjukkan sebuah pasar kebutuhan anak-anak di Desa Shangwei di Distrik Longhua di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. (Xinhua/Liang Xu)
 
Seorang ibu membantu anaknya menyelesaikan tugas pekerjaan tangan di Desa Shangwei, sebuah desa seni ramah anak, di Distrik Longhua Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, pada 19 November 2023. (Xinhua/Liang Xu)
 
Sejumlah anak bermain di taman anak-anak di Desa Shangwei, sebuah desa seni ramah anak di Distrik Longhua, Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, pada 19 November 2023. (Xinhua/Liang Xu)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023