Salah satu wujud dari kemandirian otonomi daerah ini adalah kemampuan daerah untuk membiayai diri sendiri melalui PAD.
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) menggenjot kontribusi penambangan pasir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Kami akan lihat kontribusi tambang pasir ini, dan jika masih nol maka harus dilakukan langkah-langkah agar sektor ini berkontribusi terhadap pendapatan provinsi dan kabupaten/kota," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal AZ, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan selama ini sebagian besar sumber pendapatan Provinsi Kepulauan Babel masih dari dana alokasi umum dan dana alokasi khusus, sehingga pemerintah daerah harus mencari potensi-potensi baru untuk meningkatkan PAD ini.

"Salah satu wujud dari kemandirian otonomi daerah ini adalah kemampuan daerah untuk membiayai diri sendiri melalui PAD," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya bersama Sekretaris Daerah dan Kepala OPD Provinsi Kepulauan Babel akan mempelajari potensi-potensi mana saja yang harus digenjot untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ini.

"Tambang pasir ini kewenangan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, sehingga sektor ini harus berkontribusi terhadap pendapatan daerah," katanya pula.

Menurut dia, dalam penyelamatan lingkungan dampak penambangan pasir ini, pemprov, pemkab dan pemkot juga mengeluarkan uang rehabilitasi lingkungan.

"Nanti saya cek dan periksa sejauh mana sektor ini berkontribusi terhadap PAD. Kasih saya seminggu dan nanti akan sampaikan ke awak media," katanya lagi.
Baca juga: Pemprov Babel susun strategi optimalkan penerimaan PAD
Baca juga: Mendagri apresiasi realisasi PAD 2022 Babel

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023