Jakarta (ANTARA) -
Saat berlangsungnya kehamilan, secara alami ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan fisik dan mental sebagai bentuk adaptasi tubuh.
 
Bertambahnya berat badan, perubahan postur tubuh, perubahan hormon, dan stres dapat menyebabkan terjadinya salah satu gangguan kenyamanan bagi ibu hamil, yaitu nyeri punggung dan pinggang.
 
The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa cara efektif untuk mencegah dan mengurangi nyeri punggung dan pinggang selama kehamilan adalah dengan menjaga postur tubuh saat duduk, tidur, dan berdiri.
 
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengenakan pakaian pendukung, seperti korset kehamilan (maternity belt) yang dapat membantu menopang perut dan bagian belakang tubuh agar otot-otot tidak berada dalam kondisi tegang terus-menerus.
Dokter spesialis Kandungan RSIA Bina Medika Bintaro dr. Baruch Djaja, Sp.OG mengatakan nyeri di punggung merupakan kombinasi dari berbagai perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan trimester dua dan tiga. Mengenakan korset kehamilan dapat membantu menopang rahim yang membesar sehingga tekanan pada otot dan persendian di pinggul dan panggul dapat berkurang.
 
"Otot-otot di punggung juga tidak bekerja terlalu keras sehingga rasa nyeri dan tegang juga berkurang. Korset kehamilan juga membantu menjaga postur ibu hamil yang cenderung tidak seimbang akibat pergeseran pusat gravitasi tubuh. Pemakaian korset sebaiknya dilanjutkan sampai beberapa bulan setelah melahirkan karena dapat membantu proses pemulihan tubuh ibu,” ungkapnya dalam keterangan pers MOOIMOM yang diterima, Selasa.
 
Untuk membantu agar para ibu dapat menjalani proses kehamilan dan pasca-melahirkan dengan nyaman, MOOIMOM menciptakan inovasi terbaru berupa 2 in 1 Premium Bamboo Corset, yaitu korset yang dapat dikenakan oleh ibu mulai saat kehamilan sampai ke pasca-melahirkan.
 
CEO dan Co-Founder TNP Group James Chou menjelaskan MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset merupakan hasil pengembangan dari dua produk sebelumnya yaitu MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band yang merupakan produk terlaris untuk kategori korset pasca-melahirkan, serta MOOIMOM Bamboo Maternity Support Belt.
 
"Inovasi korset medis 2 in 1 ini membuat para ibu tak perlu lagi berganti korset sepanjang perjalanan kehamilan sampai pasca-melahirkan. Karena terbuat dari bamboo charcoal cotton yang berkualitas tinggi, maka korset ini sangat nyaman dikenakan saat beraktivitas pada cuaca apa pun,” jelas James Chou.
 
MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset terdiri dari pelvic belt dan belly belt yang dapat dikenakan terpisah maupun bersamaan. Pelvic belt dikenakan selama kehamilan untuk menyangga perut dengan efektif, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan pinggang dan mengurangi tekanan pada pinggul dan panggul.
 
Sedangkan pada pasca-melahirkan, pelvic belt dan belly belt ini dapat dikenakan bersamaan untuk membantu pemulihan. Keduanya akan memberi kompresi untuk membantu mengencangkan otot-otot perut yang kendur dan mengalami diastasis recti, mengecilkan rahim, memulihkan otot panggul, dan memulihkan bekas luka operasi sesar.
 
MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset sangat nyaman saat dikenakan karena terasa lembut dan sejuk di kulit karena terbuat dari bamboo charcoal cotton yang memiliki rongga udara yang yang lebih banyak sehingga breathable, dan memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan dengan baik.
 
Serbuk karbon aktif bambu juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan mengatasi bau tak sedap akibat keringat.
 
Kelebihan lain dari MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset adalah kandungan sinar far infrared-nya yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh.
 
Manfaat ini tak hanya membantu mengatasi rasa nyeri di punggung dan pinggang, tapi juga memberi manfaat kesehatan secara umum bagi ibu hamil dan menyusui.
 
MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset juga telah mendapat izin edar alat kesehatan impor (AKL) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia untuk kategori produk peralatan kesehatan fisik.

MOOIMOM 2 in 1 Premium Bamboo Corset bisa didapatkan dengan mudah di website resmi dan official marketplace MOOIMOM. Produk-produk MOOIMOM juga tersedia di seluruh toko Mothercare yang berlokasi di berbagai pusat perbelanjaan di kota-kota besar di Indonesia.

Baca juga: Persiapkan kehamilan dengan baik agar bayi tidak lahir prematur

Baca juga: Mengenal tiga hormon penting pada masa kehamilan beserta fungsinya 

Baca juga: Jenis olahraga yang dapat dilakukan saat hamil untuk kurangi nyeri

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023