Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 219 imigran Rohingya kembali mendarat di pesisir Aceh, kali ini mereka berhenti di kawasan pantai Ujong Kareung Kecamatan Sukajaya Kota Sabang.

"Jumlah imigran Rohingya yang turun ke pantai itu 219 orang, kapal mereka sekitar 100 meter dari pantai," kata Camat Sukajaya Syahrial yang dikonfirmasi dari Banda Aceh, Rabu.

Para imigran Rohingya tersebut mendarat di pantai Ujong Kareung pada Selasa malam sekitar pukul 23.00 WIB. Mereka berenang dari kapal menuju pantai.

Saat ini, kata Syahrial, para pengungsi itu masih berada di bibir pantai, tidak dipindahkan dulu karena memang belum ada keputusan apakah mereka diterima atau tidak.

"Masyarakat menolak, pemerintah belum ada keputusan, masih dilakukan koordinasi, termasuk dengan pihak UNHCR," ujarnya.

Sementara ini, lanjut Syahrial, mereka sudah ditangani oleh pihak UNHCR yang memang sudah berada di lokasi. Diberikan makanan serta kebutuhan dasar lainnya.

"Sudah ada UNHCR. Mereka sementara ini masih berada di pinggir laut, makanan sudah diberikan untuk penanganan sementara," kata Syahrial.

Untuk diketahui, 219 pengungsi di Sabang ini merupakan gelombang ke enam yang datang ke Aceh dalam dua pekan terakhir November 2023 ini, setelah sebelumnya di Kabupaten Pidie (tiga gelombang) Bireuen dan Aceh Timur.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023