"Seluruh Bhabinkamtibmas harus dan wajib hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan, bersikap humanis dan komunikatif serta selalu siap siaga menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pemilu 2024,"
Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto menekankan kepada seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di jajaran polda setempat, harus bersikap humanis dan lebih proaktif menjaga tahapan Pemilu 2024.

"Seluruh Bhabinkamtibmas harus dan wajib hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan, bersikap humanis dan komunikatif serta selalu siap siaga menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pemilu 2024," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Penekanan tersebut, disampaikan langsung Kapolda Kalteng pada kegiatan apel Bhabinkamtibmas, yang diikuti Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono dan para pejabat utama Polda, Kapolres jajaran serta seluruh personel Bhabinkamtibmas bertempat di Gedung Graha Bhayangkara, Mapolda setempat.

Adapun tema yang diangkat dalam apel kali ini, adalah "Bhabinkamtibmas Hadir di Hati Masyarakat, Pemilu 2024 Aman dan Damai".

Djoko menuturkan, Kapolda Kalteng juga meminta agar seluruh Bhabinkamtibmas menjaga nama baik dan marwah institusi. Bahkan melaksanakan tugas dengan profesional dengan terus membangun komunikasi yang baik bersama masyarakat.

"Selain itu, berikan solusi dengan berdasarkan rasa keadilan dalam setiap penyelesaian permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat melalui jalan musyawarah dan kesepakatan bersama atau Restorative Justice," bebernya.

Di lokasi yang sama, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji menambahkan, pada kesempatannya Kapolda juga mengatakan bahwa dalam menghadapi Pemilu 2024 Bhabinkamtibmas harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Pemahaman tersebut, diantaranya terkait penyampaian pesan kamtibmas, edukasi dan sosialisasi terhadap informasi yang tidak benar atau hoaks menjelang Pemilu 2024. Guna terwujudnya Pemilu yang aman dan damai," ujar Erlan Munaji.

 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023