Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama memproduksi konten video ayat Alkitab bahasa isyarat yang terbagi dalam 14 tema dari 170 ayat.

"Kami sedang memproduksi konten video Alkitab bahasa isyarat, untuk teman-teman disabilitas," ujar Direktur Urusan Agama Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Amsal Yowei di Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Amsal merinci 169 ayat Alkitab terbagi dalam 13 tema seperti tema kasih, pengharapan, suka cita, duka cita, dan lain-lain. Sementara satu sisanya yakni ayat Doa Bapa Kami.

Baca juga: Mushaf Al Quran Isyarat jadi komitmen Kemenag untuk disabilitas

Ia mengatakan pembuatan video ayat Alkitab ini bekerja sama dengan Koneksi Indonesia Inklusif (Konekin). Konekin merupakan yayasan yang berkonsentrasi terhadap program pendidikan dan kesejahteraan hidup bagi para penyandang disabilitas.

Rencananya, video ayat Alkitab ini akan diluncurkan pada 15 Desember 2023. Kehadiran konten video tersebut bakal menjadi kado Natal bagi para penyandang disabilitas.

Menurut dia, konten video ayat Alkitab ini menjadi yang pertama yang diproduksi oleh Kemenag. Prosesnya pun melibatkan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

"Alkitab bahasa isyarat yang akan dibuat ini ada tahapan seleksi sehingga tidak keluar dari iman," katanya.

Baca juga: Kemenag cetak ulang Al Quran Braille edisi penyempurnaan

Sebelumnya, Kemenag juga akan mencetak mushaf Al Quran bahasa isyarat yang saat ini telah diselesaikan penyusunannya dan akan menjadi yang pertama di Indonesia bahkan dunia.

"Alhamdulillah, proses penyusunan mushaf Al Quran bahasa isyarat sudah selesai dan akan segera kita cetak. Ini akan menjadi mushaf Al Quran bahasa isyarat pertama di Indonesia, bahkan dunia," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut mengatakan kehadiran mushaf Al Quran bahasa isyarat ini menjadi upaya Kemenag dalam memperluas akses layanan publik yang ramah disabilitas.

Baca juga: Kemenag telah terjemahkan Al Quran dalam 26 bahasa daerah

Ia berharap kehadiran mushaf Al Quran bahasa isyarat ini dapat memudahkan akses masyarakat disabilitas terhadap kitab suci.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023