Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin (22/11) yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.
 
 
1. Presiden Jokowi lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI
 
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, bertempat di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Dipandu oleh Presiden Jokowi, Jenderal Agus mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.
 
 
 
2. Istana tegaskan foto dokumen "reshuffle" yang beredar hoaks
 
Pihak Istana Kepresidenan menegaskan foto dokumen berisi nama-nama menteri dan pejabat yang akan mengalami pergantian melalui perombakan atau reshuffle kabinet yang beredar adalah hoaks.

"Ini hoaks. Ini menunjukkan banyaknya hoaks yg harus diwaspadai," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Rabu.
   
 
 
3. Anies sebut tiga mantan pimpinan KPK gabung Timnas AMIN
 
Calon Presiden RI Anies Baswedan menyebutkan tiga nama mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergabung dalam Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies-Muhaimin (AMIN) pada Pemilu 2024.
 
"Justru anggota yang menjadi anggota timnas adalah pribadi-pribadi yang selama ini sudah bekerja untuk perubahan di berbagai sektor," kata Anies di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu.
   
 
 
4. Panglima TNI canangkan pendekatan "smart power" di Tanah Papua
 
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mencanangkan pendekatan smart power di Tanah Papua, yaitu kombinasi antara hard power, soft power, dan diplomasi.
 
"Papua punya karakteristik sendiri, wilayahnya punya kearifan lokal, tradisinya juga. Kita harus ngerti kalau ke sana itu harus ngerti kearifan lokal tradisinya seperti apa," kata Agus Subiyanto usai dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu.
   
 
 
5. Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Provinsi Papua
 
Presiden Joko Widodo bersama dengan rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua pada Rabu, untuk mengecek stok beras di wilayah itu.
 
Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, Presiden tiba di Bandar Udara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor, Papua, sekira pukul 16.10 WIT, usai menempuh penerbangan selama 4 jam dari Jakarta.
 
Setibanya di bandara, Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Pangkoopsud III Marsda TNI Donal Kasenda, dan Danlanud Manuhua Marsma TNI Yostariza.
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023