sebagai dukungan untuk kegiatan sosial spiritual
Manokwari (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menyalurkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) pada lima lembaga di bidang ekonomi dan keagamaan di Manokwari, Kamis.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat Rommy S. Tamawiwy, Penjabat Sekda Papua Barat Yacob Fonataba dan Sekda Kabupaten Manokwari Henri Sembiring.

"Keberadaan BI sebagai bank sentral RI di Provinsi Papua Barat benar-benar jadi mitra strategis pemerintah melakukan program nyata mendorong ekonomi di daerah terus maju. Salah satu wujud program nyata itu adalah PSBI," ujarnya.

Ia mengatakan, kelima lembaga yang mendapat bantuan adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pasir Putih, Yayasan Anak Air Pulau Papua Manokwari, Biara Santa Perawan Maria, Gereja Persekutuan Kristen Alkitab Indonesia (GPKAI) Anday dan Poktan Bahtera Mandiri Manokwari.

Baca juga: Pemkab Manokwari bersama BI susun strategi digitalisasi daerah
Baca juga: Pemkab Manokwari serahkan bantuan dua minibus kepada BUMDes
Baca juga: Pemkab tetapkan empat strategi pengembangan pariwisata di Manokwari


Ia menjelaskan, Pokdarwis Pasir Putih dan Yayasan Anak Air Pulau Papua Manokwari diberi bantuan atas dedikasi dan komitmennya dalam mengembangkan pariwisata pantai dan bahari di Manokwari.

Pokdarwis Pasir Putih mendapat bantuan sarana prasarana pendukung wisata pantai seperti sun lounger (kursi berjemur), meja, payung pantai, stand gerobak, kursi panjang, sound system dan padle board (papan dayung).
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Barat Rommy S. Tamawiwy dan Penjabat Sekda Papua Barat Yacob Fonataba saat meninjau bantuan yang sudah diterima Pokdarwis Pasir Putih. ANTARA/Ali Nur Ichsan

Yayasan Anak Air Pulau Papua Manokwari mendapat bantuan sarana prasarana pendukung wisata bahari seperti engine board (mesin perahu), terpal kapal, fender dapra (bantalan kapal) dan paddle board (papan dayung).

"Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian di Manokwari dan Papua Barat. Harapan kami ingin melihat Manokwari tumbuh sebagai destinasi wisata yang tidak hanya indah, tetapi juga berkelanjutan dan mampu memberikan manfaat ekonomi yang luas bagi masyarakat," jelasnya.

Rommy mengatakan, untuk tiga lembaga lainnya merupakan bantuan PSBI untuk menyambut Natal. Biara Santa Perawan Maria Prafi mendapat bantuan sarana produksi budidaya jamur, GPKAI Andai mendapatkan sarana pendukung ibadah dan peralatan musik dan Poktan Bahtera Mandiri Manokwari mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian.

"Semoga bantuan ini tidak hanya sebagai simbol kasih dan perhatian kami menjelang Natal 2023, tetapi juga sebagai dukungan untuk kegiatan sosial spiritual dan yang memiliki dampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, PSBI merupakan program rutin BI Papua Barat tiap tahunnya. Bantuan sosial tersebut salah satu komitmen dan dedikasi nyata dari BI untuk seluruh warga masyarakat.

Baca juga: BI Bali berikan beasiswa pendidikan untuk 225 mahasiswa dan 20 siswa
Baca juga: Deputi Gubernur BI serahkan bantuan PSBI di Alkhairaat

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023