Merak (ANTARA News) - Antrian truk ekspedisi menuju Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, mengular 2,5 kilometer sampai kawasan Cikuasa Atas.

"Kami terus berupaya untuk mengatasi antrian truk ini dengan penambahan kapal roll on roll of atau roro sebanyak 27 armada," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo.

Ia mengatakan penyebab antrian truk ini adalah tingginya volume kendaraan ke Pelabuhan Merak dari berbagai daerah di Pulau Jawa, selain karena ada perbaikan pekerjaan di pertigaan arah pintu tol Merak.

Diperkirakan penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni naik 70 persen dibandingkan dengan hari biasa, karena pada menjelang Ramadhan ini orang ingin bersilatuhrahmi dengan anggota keluarga di kampung halamannya.

"Kami terus berupaya agar seluruh penumpang maupun kendaraan berjalan lancar," kata Mario.

Ia menjelaskan PT ASDP Merak mengoperasikan 27 kapal roro untuk mengatasi antrian truk dan membludaknya penumpang, sedangkan lima dermaga di Pelabuhan Merak dibuka untuk menampung ribuan kendaraan yang hendak menyeberang ke Lampung.

Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Fery Cabang Merak Nana Sutisna memperkirakan lonjakan penumpang yang hendak menyeberang ke Lampung terus berlanjut sampai satu hari menjelang Ramadhan.

Pewarta: Mansyur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013