Praya, NTB (ANTARA) - Pemkab Lombok Tengah, NTB, mengusulkan anggaran Rp15 miliar kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merevitalisasi Alun-alun Tastura Praya dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemerintah daerah telah mengusulkan pengembangan Alun-alun Tastura Praya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di 2024," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi di Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat.

Alun-alun Tastura Praya saat ini telah menjadi pusat kegiatan di Lombok Tengah, selain di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika maupun di Lombok Tengah bagian utara.

Dengan adanya revitalisasi tersebut diharapkan bisa menambah keindahan ruang terbuka hijau tersebut.

"Dana yang diusulkan itu Rp15 miliar untuk pengembangan ruang terbuka hijau," katanya.

Ia mengatakan pengembangan Alun-alun Tastura lebih difokuskan pada sarana dan prasarana olahraga maupun jalan di dalam kawasan. Dengan adanya peningkatan fasilitas tersebut bisa mempercantik Alun-alun Tastura Praya.

Selain itu, fasilitas yang dikembangkan yakni tempat parkir dan tempat para pedagang berjualan, sehingga lebih tertata rapi dan indah. "Lokasi parkir juga akan dipersiapkan," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap usulan yang diajukan tersebut bisa direalisasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga bisa mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Ini salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan fasilitas olahraga yang ada di Alun-alun Tastura saat ini antara lain lapangan voli, basket, dan sepak takraw, serta arena panjat tebing.

"Kalau itu kita tata, kunjungan akan semakin ramai dan ekonomi UMKM terus tumbuh," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023