Samosir (ANTARA) - Pembalap asal Prancis Jean Bruno Pastorello mengukuhkan dominasinya pada balap endurance jetski Aquabike 2023 dengan keluar sebagai juara dunia setelah menyelesaikan tiga sesi balapan yang berlangsung pada 22-24 November di Danau Toba, Sumatera Utara.

Pada acara penyerahan piala yang berlangsung di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat, Bruno dinobatkan sebagai juara pada kategori balap ketahanan tersebut setelah mengoleksi sebanyak 154 poin, yang merupakan akumulasi dari tiga seri balapan.

Pada setiap seri balapan, seluruh peserta harus menuntaskan sebanyak dua race demi mengoleksi poin dan putaran sebanyak mungkin dalam durasi 30 menit per race.

Bruno sukses memenangkan dua dari tiga seri yang ia ikuti, yaitu saat berlaga di seri pertama Kabupaten Karo dan seri kedua Kabupaten Dairi.

Baca juga: Pembalap Prancis menangi balap endurance jetski Aquabike Karo 2023

Bruno mengawali balap endurance Aquabike di Pantai Sinalsal, Kabupaten Karo, dengan mendapat masing-masing 22 dan 25 poin, sehingga total meraih 47 poin, Rabu.

Lalu saat tampil di Pantai Tao Silalahi, Dairi, Kamis, Bruno kembali menaiki podium tertinggi dengan mencatatkan 20 poin pada race 1 dan 25 poin pada race 2, sehingga total mendapat 45 poin.

Namun pada penampilan seri ketiga di Samosir, performa pembalap kelahiran 9 Januari 1972 itu anjlok karena tak berhasil finis (DNF) race 1 dan hanya berhasil menyelesaikan satu putaran.

Pada race 2, Bruno kembali berlaga dengan kemampuan terbaiknya dan sukses menyelesaikan balapan dengan 21 putaran meski harus puas bertengger di posisi kedua.

Baca juga: Bruno kembali juarai kategori endurance di seri Aquabike Dairi

Akibat DNF pada race 1, maka Bruno hanya mengoleksi 22 poin yang didapat dari race 2 dan menjadi satu-satunya perolehan angka dari balapan hari ini.

Meski tak tampil maksimal pada di Samosir dan berbekal kemenangan pada dua seri sebelumnya, sudah cukup bagi Bruno untuk mengukuhkan keunggulannya pada Kejuaraan Dunia Aquabike kategori endurance.

Total 154 poin yang dikoleksi Bruno merupakan penggabungan dari tiga hasil balapan serta ditambah 40 poin transfer, yaitu angka yang didapat seluruh peserta berkat melakukan perjalanan menggunakan jetski masing-masing dari Samosir ke Karo dan Dairi melalui jalur air.

Peringkat kedua, diisi oleh Anthony Radetic asal Amerika Serikat dengan total 149 poin. Lalu pada posisi ketiga diduduki Rashed Aldawas asal Kuwait dengan perolehan 147 poin.

Baca juga: Kasza muncul sebagai pemenang baru pada endurance Aquabike di Samosir
Baca juga: Samosir nantikan bibit atlet jetski lokal usai ajang Aquabike

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023