Pembangunan rendah karbon ini sudah diprediksi dapat menciptakan kerja baru di dalam green jobs (pekerjaan hijau) sebesar 15,3 juta sampai tahun 2045...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan bahwa  pembangunan rendah karbon untuk mewujudkan ekonomi hijau dapat menciptakan 15,3 juta pekerjaan baru.

"Pembangunan rendah karbon ini sudah diprediksi dapat menciptakan kerja baru di dalam green jobs (pekerjaan hijau) sebesar 15,3 juta sampai tahun 2045. Ini merupakan kesempatan baik bagi kita," kata Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas Maliki dalam Indonesia's Green Jobs Conference 2023 di Jakarta, Jumat.

Oleh karenanya, potensi pekerjaan hijau yang begitu besar dan jumlah angkatan kerja yang cukup banyak di Indonesia harus mampu dioptimalkan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau.

Baca juga: Bappenas susun peta jalan pengembangan SDM untuk pekerjaan hijau

Namun, peluang peningkatan pekerjaan hijau tersebut masih menghadapi sejumlah tantangan, yakni sumber daya manusia (SDM) yang didominasi lulusan SMP ke bawah, ketidaksesuaian keahlian antara lulusan pendidikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja, dan informasi pasar tenaga kerja juga masih belum menjadi intelijen pasar kerja yang baik.

Selain itu, pasar kerja Indonesia belum mampu merespons perubahan cepat jenis lapangan kerja, kebutuhan keahlian, struktur pendidikan serta pola budaya kerja, serta industri yang belum menerapkan prinsip berkelanjutan menyebabkan penciptaan lapangan kerja hijau belum tumbuh pesat.

"Peningkatan kapasitas SDM Indonesia sudah selayaknya harus diikuti dengan semangat keberlanjutan di dalam menjaga lingkungan yang lestari," ujar Maliki.

Oleh karenanya, Bappenas berkomitmen memimpin dan terus mengawal perjalanan promosi pekerjaan hijau tersebut.

Baca juga: Indonesia-Jerman kembangkan pekerjaan hijau sektor energi terbarukan

Bappenas didukung proyek kerja sama Indonesia dan Jerman, Innovation and Investment for Inclusive Sustainable Economic Development (ISED), mempromosikan pentingnya mencetak SDM berkualitas, produktif, dan berdaya saing dalam mendorong pertumbuhan ekonomi hijau dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pengembangan pekerjaan hijau di Indonesia melalui proyek ISED diimplementasikan dengan kolaborasi lintas sektor, dengan menyusun definisi pekerjaan hijau dalam konteks lokal, dua Peta Okupasi, Peta Jalan Pengembangan SDM yang Mendukung Pekerjaan Hijau, serta kebijakan yang menjadi pedoman implementasi.

Pekerjaan hijau yang dimaksud beberapa di antaranya adalah inspektor bidang pertanian dan tanaman organik di bidang pertanian, green building specialist di bidang konstruksi, dan green productivity master specialist di bidang manufaktur.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023