Kami mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk mendukung penuh Program Kampung Iklim di Desa Air Limau....
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menyerahkan Penghargaan Kampung Iklim kepada PT Timah Tbk sebagai bentuk apresiasi pemerintah provinsi kepada perusahaan mendukung program kampung iklim yang digalakkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kami mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk mendukung penuh Program Kampung Iklim di Desa Air Limau, Kabupaten Bangka Barat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Babel Ferry Afriyanto dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan Penghargaan Kampung Iklim ini diserahkan langsung Pj Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA dalam rangkaian kegiatan HUT ke-23 Provinsi Kepulauan Babel, sebagai bentuk apreasisi ke PT Timah Tbk mendukung Program Pro Iklim Kampung Iklim Desa Air Limau, Kabupaten Bangka Barat.

"Proklim adalah program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bentuk kontribusi Indonesia upaya pengendalian perubahan iklim global," ujarnya.

Ia menyatakan Proklim merupakan salah satu program nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bagian dari komitmen dan kontribusi Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global sesuai hasil pertemuan para pihak (Conference of The Parties/COP) ke-26 UNFCCC.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Glasgow Climate Pact yang bertujuan untuk meningkatkan pelibatan dan peran masyarakat di tingkat tapak dan pemangku kepentingan dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

"Penghargaan ini memberikan pengakuan atau apresiasi kepada kelompok masyarakat di tingkat tapak selaku pelaksana, pemerintah selaku pembina dan lembaga, stakeholder terkait," katanya pula.

Menurut dia, proklim ini untuk meningkatkan ketahanan iklim dan program ini juga memberikan kemanfaatan baik dari sisi kebutuhan pangan, ekonomi dan lingkungan.

"Kami berharap PT Timah Tbk dapat mengnyinergikan program CSR dan community development yang lebih terarah, mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat melalui program kampong iklim," katanya lagi. 
Baca juga: PT Timah raih Gold Rank ASRRAT 2023
Baca juga: PT Timah terbaik terapkan "Good Mining Practices"  di ASEAN 

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023