Jakarta (ANTARA) - Produsen es krim Aice Group mengumumkan bahwa perusahaan telah mendapatkan "Indonesia's No.1 Ice Cream Brand" berdasarkan hasil riset oleh perusahaan riset global terkemuka Euromonitor.

"Aice Group berkomitmen sesuai dengan misi kami agar konsumen bisa dengan mendapatkan kebahagiaan melalui berbagai varian rasa dan bentuk es krim kami, yang tidak hanya lezat namun juga sehat. Perusahaan meyakini performa usaha tak bisa terlepas dari tingkat kepuasan konsumen yang diperoleh dari produk yang memiliki bahan dengan kualitas terbaik, inovatif, dan mudah didapatkan di seluruh penjuru Nusantara," kata Senior Brand Manager Aice Group Sylvana Zhong melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Dalam beberapa tahun terakhir, Aice Group berhasil meraih berbagai kesuksesan dan peningkatan dalam usahanya yang kemudian menjadikan pencapaian ini sebagai penanda capaian signifikan Aice Group dalam industri es krim Indonesia. Hasil survei terbaru dari Euromonitor International tahun 2023 menunjukkan bahwa Aice Group selama ini mencatat pertumbuhan penjualan yang kuat dan menjadikannya merek es krim terpopuler di Indonesia.

Data yang dibagikan oleh Euromonitor menunjukkan tren positif pada penjualan es krim di Indonesia yang terus meningkat sejak 2018. Pada tahun lalu, penjualan es krim mampu mencapai sekitar Rp 15,86 triliun. Angka tersebut menggambarkan tren positif nilai penjualan es krim nasional selama lima tahun terakhir.

Baca juga: Aice satu-satunya es krim di lima besar produk susu pilihan konsumen

Baca juga: Aice Group raih rekor MURI untuk pembagian masker medis terbanyak


Senior Research Director Euromonitor Adhitya Nugroho menjelaskan bahwa adanya penilaian baik dari masyarakat terhadap Aice yang dibuktikan dari hasil survei, tidak terlepas dari kontribusi Aice yang tidak hanya berfokus dalam memberikan produk yang inovatif dan berkualitas, namun juga turut andil dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat dengan adanya dukungan yang diberikan, serta pendistribusian es krim Aice.

"Aice yang merupakan pendatang baru di industri es krim Indonesia mampu bersaing dengan merek-merek es krim lainnya. Aice semakin dikenal ketika menjadi salah satu sponsor resmi Asian Games 2018 lalu yang berlangsung di Jakarta. Hal ini tentunya turut mendorong kesadaran konsumen dan mendukung penjualan Aice," kata Adhitya.
 
Euromonitor mengungkapkan strategi Aice dalam memanfaatkan toko serba ada serta warung-warung kecil menjadi saluran distribusi penting dalam industri es krim di Indonesia. (ANTARA/HO/Aice Indonesia)


Dia menambahkan bahwa Aice berfokus pada es krim impulsif yang merupakan kategori es krim terpenting di Indonesia. Strategi Aice dalam memanfaatkan toko serba ada serta warung-warung kecil, menjadi saluran distribusi penting dalam industri es krim di Indonesia.

"Hal inilah yang kemudian menjadikan Aice sebagai merek es krim nomor satu di Indonesia pada tahun 2022," jelas Adhitya.

Pihak Aice memperkirakan bahwa capaian penilaian publik yang tinggi dalam survei yang dilakukan Euromonitor itu sangat terkait dengan kesuksesan perusahaan dalam menjalankan inovasi es krim berkesinambungan dan kemampuan produksi produk yang berkualitas. Ditambah dengan kesuksesan ekspansi usahanya ke berbagai negara Asia Tenggara, penghargaan lembaga riset global ini menjadi mudah dipahami dan diterima publik.

Dalam proses inovasi, Aice Group berhasil membuka banyak pasar baru berbagai segmen konsumen es krim Indonesia lewat strategi diferensiasi produk yang disesuaikan dengan peluang pasar terkini. Aice meluncurkan berbagai varian rasa, termasuk favorit seperti Aice Mochi, serta varian baru es krim mini cake stick rasa peach pertama di Indonesia Aice Histeria Peach.

Selain itu, Aice Group juga memperkuat aspek skala dan teknologi produksinya. Saat ini, Aice membangun fasilitas produksi yang higienis, canggih, dan masif. Strategi fabrikasi tersebut memastikan bahwa setiap es krim yang diproduksi tetap segar, berkualitas, dan aman untuk dikonsumsi. Aice memprioritaskan aspek higienis, bahan berkualitas, dan kandungan yang baik bagi kesehatan, dalam semua proses produksi mereka.

"Aice Group berkomitmen untuk terus memberikan produk inovatif yang dapat membawa kebahagiaan kepada semua masyarakat Indonesia. Dengan kualitas produk dan inovasi produk yang sulit ditandingi, kami berusaha untuk tetap menjadi pilihan nomor satu bagi pecinta es krim di seluruh Indonesia,” kata Sylvana mengakhiri penjelasan.

Baca juga: Aice Group lakukan inovasi produk es krim di KCIC

Baca juga: Aice kolaborasi dengan PSSI dukung pembinaan sepak bola usia muda

Baca juga: Aice sabet Top Brand Award & Top Brand for Kids lima tahun beruntun

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023