Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Jawa Timur (Jatim) Park Group menghadirkan destinasi wisata baru berkonsep wisata Drive Thru Park atau lantatur, sebagai salah satu upaya untuk menarik minat kunjungan wisatawan menjelang momen libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Manajer Marketing and Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu mengatakan wahana yang mulai dibuka pada 25 November tersebut, merupakan yang pertama di dunia dan merupakan terobosan dalam dunia pariwisata Indonesia.

"Jawa Timur Park Group dengan bangga mempersembahkan ”Drive Thru Park” pertama di dunia yang menjadi terobosan baru dalam dunia pariwisata di Indonesia pada khususnya," kata Titik.

Titik menjelaskan, wisata Drive Thru Park yang berada di Jatim Park 2 tersebut akan memberikan pengalaman unik dan nyaman bagi para wisatawan pada 17 area tematik yang telah disiapkan oleh pengelola tanpa harus berjalan kaki.

Baca juga: Kunjungan wisatawan Jatim Park Group Kota Batu capai 30 ribu orang

Menurut dia, pada area pertama yakni Exhibit Satwa para wisatawan akan disambut dengan dua satwa pertama yakni badak putih dan rusa. Pada area itu, dilengkapi sejumlah sensor untuk menampilkan informasi seputar satwa termasuk satwa-satwa lain di bawah laut.

Kemudian, lanjutnya, pengunjung akan diperkenalkan dengan sejumlah satwa seperti merak biru India, merak putih, rangkong badak dan koleksi burung merak lainnya. Pada aea Exibit Satwa tersebut, akan menampilkan kurang lebih 410 satwa dari 70 jenis.

"Total ada kurang lebih 410 satwa dari 70 jenis pada area tersebut," katanya.

Memasuki area berikutnya adalah Indonesia Cantik yang akan memberikan tambahan wawasan bagi para pengunjung mengenai keberagaman Indonesia. Ada sejumlah titik menarik pada area itu diantaranya adalah Indonesia Cantik, Merawat Budaya Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Spot ini menjadi salah satu spot yang tidak bisa dilewatkan bagi seluruh pengunjung agar tetap mengingat betapa bangsa ini kaya atas keberagaman," ujarnya.

Baca juga: Libur Lebaran wisatawan Jatim Park Group capai 150 ribu orang

Selain itu, juga ada area Live Stage Show Simfoni Cahaya dan Tarian, yang menyuguhkan pertunjukan tari memukau dengan disertai efek pencahayaan. Pertunjukan tersebut, menggabungkan antara seni dan teknologi.

Pada wisata Drive Thru Park tersebut, lanjutnya, pengunjung juga akan disuguhkan konsep safari Afrika yang dibalut dalam tema Area Savana Petualangan Safari Afrika. Wisatawan akan diberikan pengalaman seolah tengah melakukan perjalanan ke benua Afrika.

"Beberapa satwa yang ditemui di area ini adalah longhorn, ankole watusi hingga zebra. Area Savana menawarkan pemandangan yang mendalam, dengan habitat yang dirancang mirip seperti lingkungan alam satwa tersebut," katanya.

Selain itu, sejumlah area lainnya adalah, Animal Town, Rest Area, Street Art, Light Festival, Milenial Light, Robot and Monster Animatronic, dan ditutup dengan Art Aquarium dan Exhibit Satwa yang menghadirkan berbagai satwa termasuk singa.

"Ini merupakan komitmen kami terhadap inovasi dalam dunia taman hiburan," katanya.

Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Jawa Timur, dimana pemerintah daerah setempat menargetkan kunjungan wisatawan pada 2023 mencapai sepuluh juta orang, setelah pada tahun sebelumnya tercatat ada sebanyak 7,4 juta wisatawan berkunjung ke wilayah tersebut.

Saat ini, tercatat hingga Oktober 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu sudah mencapai tujuh juta orang, dan diharapkan akan terus mengalami peningkatan seiring menjelang datangnya akhir tahun dan musim libur panjang.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023