Jakarta (ANTARA) - Tim nasional putra kriket Indonesia menumbangkan Kamboja dengan skor akhir 4-2 di turnamen Bali Bash International T20i SEACGC Series 2023 yang digelar di Bali pada 20-23 November.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu, pada pertandingan pertama, Kamboja yang batting terlebih dahulu mencatatkan skor 135/7 (20 ov) melalui laga inning yang ketat. Namun, Indonesia mampu mengejar dengan sukses pada inning kedua dengan skor 136/3 (17.4 ov). Padmakar Rajaram Surve dinobatkan sebagai Player of the Match setelah mencetak 37 run dan tidak keluar.

Pada pertandingan kedua, Indonesia kembali menunjukkan dominasinya dengan bowling serta fielding yang solid. Edi Guna Artawan (3/15) dan Maxi Koda (2/28) berperan besar dalam menghentikan laju kualitas Kamboja dengan skor 138/8 (20 ov.), sementara Indonesia dengan percaya diri mengejar target tersebut dengan skor 139/2 (12.5 ov.).

Pada laga ketiga, Indonesia dikalahkan Kamboja melalui pertandingan yang sangat ketat. Pada laga di mana Indonesia batting terlebih dahulu, hasil skor 156/5 (20ov) untuk Indonesia dan 157/2 (18.2) untuk Kamboja

Pada laga keempat, Indonesia bangkit kembali dengan kemenangan telak. Para pemain Garuda Muda yang batting terlebih dahulu, berhasil mencetak skor besar 192/7 (20 ov.) serta menahan Kamboja pada skor 88/8 (20 ov.). Adapun pemain Indonesia Kirubasankar tampil sebagai man of the match. Dengan hasil ini, Indonesia unggul 3-1 atas series tersebut.

Selanjutnya pada match kelima, pertandingan berlangsung sangat ketat antara kedua tim. Indonesia yang batting terlebih dahulu mencetak 144/8 (20ov). Namun skor tersebut dikejar oleh Kamboja pada inning kedua dengan skor 148/3 (19.3 ov.) dengan demikian skor series tetap menempatkan Indonesia unggul atas Kamboja 3-2.

Pada laga keenam dari total tujuh pertandingan yang dijadwalkan, Indonesia yang fielding terlebih dahulu terus menekan Kamboja hingga 11.3 over di mana skor Kamboja kala itu 77 dengan 3 wicket. Namun, Kamboja memilih untuk tidak melanjutkan pertandingan (forfeit) sehingga sesuai dengan aturan federasi internasional, match referee memberikan kemenangan kepada Indonesia. Dengan hasil tersebut, Indonesia memenangkan series ini dengan skor 4-2 atas Kamboja.

Kemenangan ini membuktikan kemampuan pemain Indonesia terus meningkat di panggung internasional. Kamboja merupakan peraih tiga medali emas pada ajang SEA Games 2023 Kamboja.

“Turnamen ini membuktikan bahwa tim Indonesia terus berkembang untuk bersaing di panggung internasional dengan lawan tanding yang kuat. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya Bali Bash International ini," kata Ketua Umum PP PCI Abhiram Singh Yadav. ​​​​

Baca juga: IOC setujui kriket dipertandingkan pada Olimpiade Los Angeles 2028
Baca juga: PCI: Penentuan pemenang tanpa berlaga tak sesuai semangat Asian Games

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023