"Setelah dua kali sidang, penggugat tidak pernah hadir, gugatan dianggap gugur oleh majelis hakim. Belum sampai pokok perkara,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan LKBN Antara pada Minggu (26/11), mulai dari Kuasa hukum Gibran Rakabuming Raka, Faiz Kurniawan, memberi pernyataan soal gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) Prabowo-Gibran hingga Kementerian Agama mengapresiasi langkah cepat pemerintah kota dalam menangani konflik di Bitung.

Berikut rangkuman berita politik kemarin untuk Anda simak kembali.

1. Kuasa hukum: Majelis hakim gugurkan gugatan PMH kepada Prabowo-Gibran

Kuasa hukum Gibran Rakabuming Raka, Faiz Kurniawan, menyatakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggugurkan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) terhadap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

"Setelah dua kali sidang, penggugat tidak pernah hadir, gugatan dianggap gugur oleh majelis hakim. Belum sampai pokok perkara," kata Faiz Kurniawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

2. Kemenag apresiasi langkah cepat pemkot tangani konflik Bitung

Kementerian Agama (Kemenag) mengapresiasi langkah cepat pemerintah kota (pemkot) dalam menangani konflik yang terjadi di Kota Bitung pada (25/11), Sabtu, kemarin.

"Kejadian yang terjadi di Kota Bitung kemarin hari, sesegera mungkin diatasi, langkah cepat dan tepat yang dilakukan dalam menangani bentrok antara dua kelompok massa," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H Sarbin Sehe, di Manado, Minggu.

Selengkapnya di sini.

3. Insan KPK dukung penuh penunjukan Nawawi sebagai Plt Ketua

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengatakan insan lembaga antirasuah mendukung penuh penunjukan Nawawi Pomolango sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPK.

"Saya pribadi sebagai kolega mendukung penuh penunjukan Pak Nawawi Pomolango sebagai Ketua sementara KPK," kata Ghufron dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Minggu.

Selengkapnya di sini.

4. MUI Manado harapkan aparat keamanan usut tuntas kasus Bitung

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado Yaser Bin Salim Bachmid mengharapkan aparat keamanan dan pemerintah untuk menelusuri dan mengusut sampai tuntas kasus yang terjadi di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya harap pemerintah dan aparat keamanan menelusuri kasus ini agar tidak berkembang kemana-mana," kata Yaser, di Manado, Minggu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023