Jakarta (ANTARA) - Perumda Air Minum (PAM) Jaya mempercepat penyelesaian pembangunan 12 reservoir komunal untuk mengantisipasi krisis air bersih di DKI Jakarta tahun 2024.

"Januari dan Februari 2024 masih ada peresmian tambahan," kata Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Sampai Oktober 2023, pihaknya telah membangun sebanyak lima dari 12 reservoir komunal di beberapa kawasan yang ada di DKI Jakarta.

Kelima reservoir komunal yang sudah selesai dibuat itu berada di kawasan Duri Kosambi, Tamansari, Waduk Pluit, Cilincing dan Marunda.

Sedangkan tujuh reservoir lagi masih proses pembangunan. Ketujuh itu di kawasan Tambora, Gombol Paya, Glodok, Gandaria Utara, Semanan, Rorotan dan Kebon Kosong.

Baca juga: BPBD DKI distribusi 1,4 juta liter air bersih untuk atasi krisis air

Selain demi menangani dan mengantisipasi krisis air bersih, pembangunan reservoir atau bak penampung air skala besar juga memiliki manfaat lain bagi masyarakat.

"Pembangunan reservoir komunal bertujuan untuk pemanfaatan air yang tersisa di pipa, terutama saat malam hari," katanya.

Pemanfaatan air yang tersisa itu digunakan untuk mencegah kebocoran pipa lantaran saat air berada di dalam pipa berpotensi membuat pipa keropos.

"Reservoir komunal membuat air pada saat tidak digunakan pada malam hari akan mengalir masuk ke komunal dan paginya bisa dimanfaatkan masyarakat tanpa melalui pipa utama," katanya.

Baca juga: DKI sebut akses air bersih ke Kebon Kosong akan terus bertambah

PAM Jaya memastikan upaya tersebut berjalan  semestinya sehingga tujuan tercapainya 100 persen ketersediaan air bersih pada 2030 dapat tercapai.

Berdasarkan data Agustus 2023, cakupan layanan penyediaan air minum PAM Jaya yang telah tersedia sebesar 67,02 persen. Dengan demikian masih terdapat 32,98 persen lagi yang harus diwujudkan dalam waktu tujuh tahun ke depan.

Sebelumnya, empat reservoir komunal diresmikan pada Rabu (4/1) oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Empat lokasinya berada di Waduk Pluit, Tamansari, Cilincing dan Marunda​​​​​​," kata Corporate Secretary PAM Jaya, Gatra Vaganza di Jakarta pada Senin (2/10).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023