Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf meminta masyarakat agar tidak membawa isu konflik di Palestina menjadi konflik antaragama di Indonesia.

"Kita minta supaya masyarakat ini tidak membawa isu tentang konflik di Palestina ke dalam isi pertentangan agama (di Indonesia)," kata Yahya saat ditemui di Jakarta, Senin.
 
Gus Yahya, sapaan akrabnya menegaskan konflik antaragama dan pengkaitannya dengan konflik yang terjadi di Palestina tidak patut untuk terjadi di Indonesia.
 
"Jangan sampai, dan tidak sepatutnya itu dilakukan," tegasnya.
 
Gus Yahya meminta kepada seluruh pemuka agama di Indonesia untuk saling berkonsolidasi supaya konflik yang terjadi di Palestina tidak dijadikan alasan untuk menimbulkan konflik antaragama di Indonesia.
 
Meski demikian, ia memaklumi bahwa setiap orang memiliki kecenderungan dan sentimen terhadap pihak-pihak tertentu. Namun, ia menilai perasaan marah tanpa solusi adalah hal percuma.
 
"Kita konsentrasikan seluruh daya upaya kita untuk mencapai jalan keluar, bukan cuma ikut-ikutan marah. Kalau ikut-ikutan marah, yang ini marah demi ini, yang ini marah demi yang lain, tak ada jalan keluar. Orang tetap menderita, manusia tetap mati," ujarnya.
 
Untuk itu, dia meminta kepada warga di Bitung, Sulawesi Utara untuk menghentikan konflik yang terjadi, karena menurutnya, konflik tersebut tidak menolong siapapun, menyakiti diri sendiri, dan hanya memperluas masalah.
 
Diketahui, konflik antarkelompok masyarakat terjadi di Bitung pada Sabtu (25/11). Terpisah, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto menyebutkan kondisi Kota Bitung saat ini aman dan terkendali.
 
"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Kota Bitung dan umumnya masyarakat Sulut serta seluruh masyarakat Indonesia, sampai dengan malam ini situasi dan kondisi di wilayah Kota Bitung aman dan terkendali," katanya.

Baca juga: BPMS GMIM ajak jemaat tidak terprovokasi pascabentrok di Bitung

Baca juga: Kapolda Sulut sebut kondisi Kota Bitung aman dan terkendali

Baca juga: Gus Yahya instruksikan warga NU ikut redakan ketegangan di Bitung
 
 
 
 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023