Makassar sebagai gerbang wilayah Timur Indonesia, terus mengembangkan potensi
Makassar (ANTARA) - Summarecon Mutiara Makassar (SMM) memadukan konsep klasik dan modern untuk memenuhi kebutuhan properti masyarakat serta menyediakan sarana dan prasana pendukung seperti fasilitas pendidikan dan ruang publik.

"Makassar sebagai gerbang wilayah Timur Indonesia, terus mengembangkan potensi, termasuk memenuhi kebutuhan perumahan di wilayah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap," kata Direktur PT Summarecon Agung, Tbk. Syarif Benyamin dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, kepadatan wilayah di tengah kota menjadi alasan SMM mengembangkan perumahan di wilayah Utara Kota Makassar,

Termasuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti fasilitas pendudukan, perkantoran, ruko, area komersial dan area publik yang dapat menjadi sarana untuk rekreasi atau bersantai,

Pemilihan wilayah di Utara Kota Makassar itu, lanjut dia, karena keadaan lahannya berbukit dan dilewati oleh sungai yang dikelilingi hutan mangrove hingga pantai barat pesisir Makassar, menjadikan wilayah perumahan SMM dengan lahan seluas 500 hektare berbeda dengan dikembangkan perusahaan properti lainnya.

Benyamin mengatakan, sejak diluncurkan perdana pada 30 November 2018, SMM telah memasarkan 4 cluster residensial dan menyerahterimakan 3 cluster hingga tahun 2023 ini.

Jade Residence, hunian berarsitektur klasik dengan luas mulai 144 m2 dipasarkan dalam 3 tahap, yaitu Jade Residence, Neo Jade Residence dan Jade 2 Residence. Dua tahap telah selesai diserahterimakan di tahun 2021 sedangkan Jade 2 Residence diluncurkan pada September 2022 lalu.

Sementara hunian yang disenangi oleh para milenial dan keluarga baru, Beryl Residence, telah diserahterimakan dan dihuni sejak 2020. Layaknya klaster-klaster lain di SMM, Beryl Residence dilengkapi fasilitas club house dengan kolam renang anak dan dewasa, lapangan basket, convention hall, taman bermain anak, pengelolaan Town Management profesional serta sistem keamanan 24 jam dengan CCTV.

Menyusul Beryl, SMM meluncurkan Crystal Residence pada Agustus 2020. Malai dipasarkan di tengah pandemi COVID-19, Crystal Residence juga menerima antusiasme masyarakat saat hari peluncurannya.

Hunian berkonsep tropis kontemporer ini menggabungkan desain terbuka yang alami dengan fitur smart home technology. Sedang tipe Crystal Residence telah diserahterimakan sejak 2022.

"Terbaru ialah hunian dengan konsep klasik modern yang lebih compact. The Topaz Residence yang diluncurkan pada 2021 sedang dalam tahap serah terima unit di tahun 2023 ini," kata Benyamin.

Dengan akses tol langsung dari Jalan Ir Sutami, SMM mengembangkan kawasan terpadu yang mengedepankan kenyamanan hunian dengan fasilitas pendidikan, hiburan, bisnis serta akses logistik.

Kawasan perumahan SMM juga terdapat SD Islam Al Azhar 68 yang telah memulai proses belajar-mengajar sejak tahun ajaran 2022/2023, yang akan disusul oleh kehadiran sekolah katolik berstandar internasional, termasuk siap dibangun juga Mandiri University.

Tak lupa di area gerbang masuk SMM, akan disambut fasilitas Rainbow Food Centre, yang sebelumnya telah diisi oleh warabala McDonald’s dan Kopi Janji Jiwa X, Menyusul oleh tenant-tenant kuliner kesukaan warga antara lain seperti Bakmi Jawa dan Warkop Dg Sija.

Area komersial CBD SMM diisi oleh komplek Ruko Graha Boulevard serta perkantoran dan bank-bank. ROW jalan utama Rainbow Boulevard selebar 50 meter dan lebih dari 3.000 pohon menjadikan kawasan SMM rindang dan nyaman untuk berolahraga terutama dengan hadirnya area outdoor multifungsi terbaru dengan view danau yaitu "De Festive" yang saat ini menjadi venue kegiatan Carnival De Festive.

Melengkapi letak Makassar sebagai hub perdagangan dan logistik, sesuai rancangan pemerintah ke depannya akan dibangun jalan langsung menuju dan dari Makassar New Port yang selaras dengan jalur kereta api Trans Sulawesi.
Ilustrasi salah satu tipe perumahan yang dikembangkan PT Summarecon Mutiara Makassar (SMM) untuk memenuhi kebutuhan properti di Wilayah Kota Makassar. Antara/ HO-SMM

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023