Padang (ANTARA) - Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Refly Harun, mengatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tersebut menjanjikan Indonesia akan mengambil peranan penting di tataran global jika terpilih pada Pemilu 2024.

"Selayaknya Indonesia mengambil peranan penting di tataran global," kata Jubir Timnas AMIN Refly Harun di Padang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Refly menjawab salah satu misi AMIN yakni memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara dan meningkatkan kepemimpinan di tingkat global.

Pada dasarnya, lanjut Refly, Indonesia telah memainkan peranan penting tersebut yakni saat menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Setelah terselenggaranya KAA yang menghasilkan Dasa Sila Bandung itu, banyak negara Asia maupun di Afrika yang terilhami untuk merdeka.

"KAA itu membuktikan Indonesia berhasil atau mampu menjadi pemain global," kata dia.

Menurut Refly yang juga Pakar Hukum Tata Negara tersebut, ada beberapa faktor yang mengharuskan Indonesia mengambil posisi penting di kancah internasional.

Pertama, Indonesia merupakan bangsa besar dari segi sejarah maupun dilihat dari jumlah penduduk. Saat ini, Indonesia menduduki urutan keempat setelah China, India dan Amerika Serikat dari segi kuantitas penduduk.

Tidak hanya itu, Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Bahkan, dalam amanat Undang-Undang Dasar (UUD) Negara RI Tahun 1945 juga mengamanatkan perdamaian di dunia.

"Atas dasar itu, maka sudah selayaknya Indonesia memainkan peranan yang lebih penting," ujar dia.

Oleh karena itu, Jubir Timnas AMIN tersebut menegaskan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, bertekad menjadikan Indonesia sebagai negara yang diperhitungkan di dunia bila terpilih pada 14 Februari 2024.

KPU RI pada Senin (13/11) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11) pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023