Shenzhen (ANTARA) - Proyek jalan raya lintas laut antara kota Shenzhen dan Zhongshan di Provinsi Guangdong, China selatan, akan segera rampung.

Pengecoran beton terakhir dalam proyek tersebut dilakukan pada Selasa (28/11), sementara pengerjaan tabung benam (immersed tube) terowongan bawah air, yang membentang sepanjang sekitar 6,8 kilometer, hampir selesai, ungkap Guangdong Provincial Communication Group Co., Ltd.

Terowongan tersebut merupakan bagian dari jalan raya sepanjang 24 kilometer yang menghubungkan Shenzhen dan Zhongshan, yang terletak di kedua sisi Muara Sungai Mutiara.

Jalur Shenzhen-Zhongshan merupakan sebuah proyek pusat transportasi inti di Kawasan Teluk Besar (Greater Bay Area/GBA) Guangdong-Hong Kong-Makau.

Proyek yang terdiri dari satu terowongan bawah laut, dua jembatan, dan dua pulau buatan, itu merupakan salah satu proyek klaster lintas laut paling menantang di dunia.
 
Foto dari udara yang diabadikan pada 28 November 2023 ini menunjukkan menara timur jembatan Lingdingyang dan pulau buatan dari jalur Shenzhen-Zhongshan di Provinsi Guangdong, China selatan. (Xinhua/Deng Hua)
 
Para pekerja bangunan bekerja di terowongan bawah laut tabung benam (immersed tube) di jalur Shenzhen-Zhongshan di Provinsi Guangdong, China selatan, pada 28 November 2023. (Xinhua/Deng Hua)
 
 Foto udara yang diambil pada 27 November 2023 ini menunjukkan para pekerja sedang mengerjakan jembatan Lingdingyang pada jalur Shenzhen-Zhongshan di Provinsi Guangdong, China selatan. (Xinhua/Deng Hua)

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023