Depok (ANTARA) - Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakan aplikasi "Carebuddy" sebuah platform untuk meringankan beban para "caregiver" (pendamping) para lanjut usia.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Maritza Andreanne Rafa Ayusha, Muhammad Candrika Agyawisnu Yuwono, dan Bryant Lewi Santoso, yang semuanya merupakan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran UI.

Ketua Tim Mahasiswa UI Maritza di Kampus UI Depok, Rabu, menjelaskan bahwa platform ini menyajikan tiga fitur utama, yakni CareFall, CareSync, dan CareLearn.

Fitur CareFall dapat mendeteksi ketidakseimbangan dan kejadian jatuh pada lansia melalui integrasi dengan perangkat keras yang dipasang di tubuh lansia.

CareSync membantu manajemen tugas antaranggota keluarga yang menjadi caregiver, sedangkan CareLearn menyediakan pembelajaran terstruktur mengenai caregiving lansia.

Ide inovasi tersebut dibuat sebagai solusi untuk mengatasi tiga permasalahan utama yang dihadapi caregiver lansia di rumah, yakni ketidaknyamanan saat lansia jatuh tanpa sepengetahuan siapa pun, kebingungan dalam merawat lansia, serta kurangnya kerja sama antaranggota keluarga dalam merawat lansia.

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan aplikasi Canteencare pantau gizi makanan siswa

Baca juga: UI Supermileage Vehicle raih tiga gelar kontes mobil hemat energi


Sementara salah satu anggota tim, Candrika, menilai bahwa dengan adanya kompetisi bisnis seperti ini, mahasiswa menjadi sadar bahwa kemampuan design thinking dan kolaborasi lintas disiplin sangat penting dalam mewujudkan inovasi yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

"Sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran kami memahami bahwa implementasi ide-ide yang berdampak positif memerlukan sinergi antarbidang, seperti kedokteran, bisnis, hingga teknologi. Bidang kedokteran tidak dapat berdiri sendiri," ujarnya.

Kerja sama antarbidang memungkinkan kita merasakan manfaatnya secara langsung dan menghadirkan solusi yang holistik untuk kesehatan masyarakat, khususnya di era industri 5.0 saat ini, tambah dia.

Inovasi CareBuddy muncul saat ketiga mahasiswa tersebut mengikuti modul Medical Technology Sociopreneurship (MTSP) sebagai bagian dari pembelajaran di program studi mereka. Proses pengembangan ide ini kemudian mendapat bimbingan dan dukungan dari para dosen dan mentor.

Ide inovasi CareBuddy membawa tiga mahasiswa UI ini meraih juara pertama dalam kompetisi “Ideanation 2023 Business Plan Competition yang diadakan oleh Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca juga: UI gelar Festival Inovasi kenalkan produk inovatif hasil kolaborasi

Baca juga: UI gelar pemeriksaan papsmear gratis, bantu cegah kanker serviks

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023