Ciamis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyalurkan donasi sebesar Rp2 miliar hasil sumbangan masyarakat umum dan aparatur sipil negara (ASN) untuk bantuan kemanusiaan Palestina yang diserahkan penyalurannya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Semangat gotong royong dan kepedulian yang terwujud melalui penyerahan infak peduli Palestina diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh aparatur di daerah ini untuk terus berkontribusi dalam aksi sosial," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat penyerahan donasi dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri di Pendopo Ciamis, Rabu.

Ia mengaku sebelumnya sudah menerbitkan Surat Edaran Bupati Ciamis untuk menggalang dana dalam rangka bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Hasil dari penggalangan dana bantuan kemanusiaan itu, kata dia, terkumpul cukup banyak yakni sebesar Rp2.088.407.000 yang diperoleh dari infak masyarakat termasuk kalangan ASN di lingkungan Pemkab Ciamis.

Baca juga: Turki akan tingkatkan diplomasi untuk gencatan senjata permanen Gaza

Baca juga: Utusan Palestina untuk PBB desak gencatan senjata permanen di Gaza


Bantuan kemanusiaan sebesar itu secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis didampingi Ketua Baznas Ciamis kepada perwakilan Baznas Provinsi Jawa Barat untuk digabungkan dengan daerah lainnya.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyumbangkan sebagian hartanya dalam rangka menjunjung tinggi solidaritas dan kepedulian terhadap saudara di Palestina.

Ia menegaskan bahwa kemanusiaan tidak mengenal batas negara, dan solidaritas sesama manusia harus terus dilakukan, di antaranya dengan memberikan bantuan untuk meringankan penderitaan warga Palestina yang sedang dilanda kesulitan.

Baca juga: Bank Aceh serahkan donasi Rp1 miliar untuk Palestina

Baca juga: Baznas Kabupaten Siak kumpulkan donasi Rp2 miliar untuk Palestina


"Kita doakan juga saudara kita di Palestina agar segera terlepas dari penderitaan, mudah-mudahan saudara kita diberikan kekuatan kesehatan dan keselamatan," kata Bupati.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap bersatu, menjaga kebersamaan, dan kepedulian sosial, sehingga bisa menginspirasi bagi yang lainnya dalam mendukung nilai-nilai kemanusiaan.

Menurut dia semangat kebersamaan masyarakat Ciamis maupun ASN untuk membantu sesama, khususnya bagi Palestina dinilai luar biasa, terbukti cukup besarnya donasi yang disalurkan.

"Saya sendiri merasa kaget setelah membuatkan regulasi dengan Surat Edaran pada ASN dan Korpri termasuk seluruh masyarakat, dan ternyata memperoleh respon luar biasa," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023