Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta sangat puas timnya melaju ke babak 16 besar Liga Champions dengan kemenangan telak 6-0 melawan RC Lens pada match day kelima Grup B di Stadion Emirates, Kamis (30/11).

Enam gol Arsenal dicetak oleh enam pemain berbeda yakni Kai Havertz (13’), Gabriel Jesus (21’), Bukayo Saka (23’), Gabriel Martinelli (27’), Martin Odegaard (45+1’), dan Jorginho (86’).

Kemenangan yang diraih melawan Lens ini menandai catatan positif The Gunners kembali bermain turnamen paling bergengsi antar klub Eropa itu setelah terakhir kali berlaga pada musim 2016/2017.

“Senang rasanya kami bisa menang dengan cara ini, tapi saya pikir secara konsisten kami telah menunjukkannya di kandang dengan tidak kebobolan gol, dan mencetak banyak gol, itu adalah faktor yang sangat positif, para pemain harus memiliki pengalaman tersebut, dan percaya bahwa kami bisa melakukannya melawan lawan yang besar,” ucap Arteta setelah pertandingan, melansir dari laman resmi klub, Kamis.

Berkat kemenangan telak ini, Arsenal melaju ke babak 16 besar dengan finis sebagai pemuncak grup karena sudah tidak terkejar dari tim peringkat kedua PSV Eindhoven.

Baca juga: Arsenal puncaki klasemen sementara Grup B seusai tekuk Sevilla 2-0

Hal ini pun membuat Arteta sangat bangga, terlebih juga menyaksikan anak-anak asuhnya bermain sangat baik, khususnya pada 30 menit awal dimana liga gol itu tercipta, dan membalaskan kekalahan pada pertemuan pertama dari Lens dengan skor 1-2 di Stadion Bollaert-Delesis pada 4 Oktober lalu.

“Saya bahkan tidak bermimpi seperti ini, tapi kami mempunyai kesempatan untuk lolos hari ini dan menjadi puncak grup dan kami melakukannya dengan cara yang sangat meyakinkan melawan tim yang sangat bagus,” kata pelatih asal Spanyol itu.

“Saya pikir tim ini sejak awal menunjukkan banyak agresi dan determinasi untuk memenangkan pertandingan, semuanya terjadi dengan cara yang benar terutama di 30 menit pertama dan itu sangat membantu untuk memenangkan pertandingan,” lanjutnya.

Babak 16 besar Liga Champions musim ini akan dimainkan mulai Februari 2024 untuk leg pertama dan Maret 2024 untuk leg kedua.

Baca juga: Arsenal pastikan tiket 16 besar setelah menang 6-0 atas Lens

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023