Tanjung Selor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, mendapatkan bantuan hibah alat kesehatan (alkes) berupa ventilator dari Yayasan BUMN Untuk Indonesia untuk digunakan pada penanganan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor.

“Alat ini akan kami gunakan untuk penanganan penyakit pernapasan baik pada usia dewasa maupun anak-anak,” kata Bupati Bulungan Syarwani di Jakarta, Kamis.

Hibah ventilator yang diberikan merupakan hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat pada saat penanganan pandemi COVID-19 dan dapat digunakan dalam proses pengobatan penyakit pernapasan.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bulungan, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas hibah yang diberikan oleh Yayasan BUMN Untuk Indonesia kepada kami, khususnya RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo,” ujarnya.

Baca juga: Yayasan BUMN sumbang alat kesehatan untuk Pemprov Sumbar

Ventilator adalah mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu memberikan asupan oksigen kepada pasien agar lebih mudah bernapas. Mesin ini akan mengatur proses menghirup dan menghembuskan napas pada pasien.

Bupati mengharapkan kehadiran alat kesehatan itu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan menjadi kian prima.

“Kami juga berharap sinergi dengan Yayasan BUMN Untuk Indonesia dapat terus terjalin dalam proses pembangunan Kabupaten Bulungan,” kata Syarwani.

Bupati Bulungan Syarwani dan Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia Harjawan Balaningrath juga menjajaki kerja sama potensi hilirisasi pertanian untuk kedaulatan pangan di Kabupaten Bulungan, serta pemantapan penyediaan air bersih.

Baca juga: Yayasan BUMN berikan bantuan alat kesehatan senilai Rp5,2 miliar

"Konsep pentahelix yang diimplementasikan dalam program prioritas Mitra Bulungan Berdaulat (MBB) merupakan payung dalam upaya merealisasikan kerja sama lebih lanjut antara pemerintah kabupaten dengan Yayasan BUMN Untuk Indonesia,” ujarnya.

Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia Harjawan Balaningrath mengatakan Yayasan BUMN Untuk Indonesia selalu hadir memberikan bantuan sosial, kemanusiaan, dan keagamaan sesuai dengan visi dan misinya.

Selain itu, atas nama kemanusiaan, Yayasan BUMN tanggap dan proaktif membantu masyarakat yang terdampak oleh bencana alam, juga membantu percepatan pemulihan COVID-19 yang masih terjadi dari 2020 hingga saat ini.

Hal ini membuat Yayasan BUMN menciptakan kolaborasi positif dengan berbagai pihak dan memiliki kepedulian antarsesama, yang dapat membangun empati positif untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Yayasan BUMN terima bantuan 150 ventilator dari warga New York

Yayasan BUMN Untuk Indonesia merupakan lembaga sosial di bawah naungan Kementerian BUMN yang berdiri pada 31 Desember 2018. Yayasan ini didirikan untuk memberikan pelayanan dan bantuan yang optimal di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di wilayah terluar, terdepan, dan perbatasan.
 

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023