Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyosialisasikan gerakan gemar makan ikan kepada puluhan pelajar dan berbagai kalangan masyarakat, karena konsumsi ikan penting untuk kesehatan dan mencegah stunting.

"Mengonsumsi ikan itu penting untuk kesehatan dan meningkatkan asupan gizi protein guna mencegah stunting," kata Pelaksana Tugas Bupati Karawang Aep Syaepuloh di sela kegiatan sosialisasi Gemar Makan Ikan di halaman kantor Dinas Perikanan Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa mengonsumsi ikan penting terkait dengan pencegahan stunting, karena ikan mengandung protein yang baik untuk tumbuh kembang.

Menurut dia, mengonsumsi ikan menjadi salah satu program dalam meningkatkan asupan gizi dan protein masyarakat.

Baca juga: Forikan Pasuruan kampanyekan gemar makan ikan kepada siswa

Aep mendukung kegiatan sosialisasi gemar makan ikan tersebut, karena hal itu sejalan dengan upaya penanganan stunting yang kini terus dikampanyekan pemerintah.

Ia mengatakan, penanganan stunting itu bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karawang, tetapi sudah menjadi tugas lintas dinas.

Termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai tugas mengampanyekan pencegahan stunting melalui pertunjukan seni dan budaya. Begitu juga dengan dinas lainnya di lingkungan Pemkab Karawang mempunyai tugas yang sama dalam upaya pencegahan stunting.

"Dengan kolaborasi lintas dinas dan semua pihak, saya berharap Karawang dapat menjadi contoh dalam menghadapi tantangan kesehatan masyarakat, terutama stunting," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan gencarkan kampanye gemar makan ikan cegah stunting

Kepala Dinas Perikanan Karawang Ade Sudiana menjelaskan bahwa agenda hari ini fokus menyosialisasikan pentingnya makan ikan, menginformasikan kandungan nutrisi ikan, dan manfaat besar yang dapat diperoleh dari konsumsi ikan.

Ia juga menekankan perlunya penyuluhan kepada masyarakat terkait nutrisi ikan guna mencegah stunting.

Saat diwawancarai wartawan usai kegiatan sosialisasi gemar makan ikan, Ade Sudiana menyampaikan bahwa potensi perikanan di Karawang banyak.

"Potensi produksinya per tahun banyak," kata Ade.

Baca juga: Pemkab Tabanan Bali gelorakan gemar makan ikan cegah stunting

Ia menyebutkan potensi produksi ikan banyak karena wilayah Karawang mempunyai panjang pantai yang terbentang di bagian utara sepanjang 84,23 kilometer.

"Belum lagi perikanan budidaya yang didukung dengan banyaknya danau dan sungai," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023