Jakarta (ANTARA) - Pelatih Lyon, Fabio Grosso, telah digantikan sementara oleh pelatih akademi Pierre Sage karena klub papan bawah Liga Prancis itu mengumumkan bahwa mereka telah memulai proses untuk memecat pria Italia tersebut.

Mantan pemain internasional Italia, Grosso, hanya mengukir satu kemenangan dari tujuh pertandingan sejak mengambil alih tongkat kepelatihan dari Laurent Blanc pada 16 September silam. Rangkaian hasil buruk itu pun membuat Lyon hanya terpaut tiga poin dari dasar klasemen.

Klub mengatakan dalam pernyataannya yang dikutip AFP bahwa keputusan untuk berpisah dengan Grosso didorong oleh rentetan hasil buruk dan diambil setelah melakukan analisis mendalam terhadap situasi tim utama.

Sage sebelumnya melatih tim U-16 Lyon pada 2019, sebelum pindah ke klub divisi ketiga Prancis Red Star.

Hingga musim lalu, Sage menjabat sebagai asisten pelatih Habib Beye sebelum kembali ke Lyon, di mana ia mengasuh akademi klub.

Pada Kamis malam setempat, Sage akan mengikuti konferensi pers pra pertandingan Liga Prancis melawan Lens pada hari Sabtu (2/12), dan menjadi pelatih keempat Lyon pada musim 2023/2024. Serangkaian pelatih Lyon itu mencakup masa kerja sementara Jean-Francois Vulliez yang diapit masa kerja Blanc dan Grosso.

Lyon hanya memiliki tujuh poin dari 12 pertandingan dan berpeluang besar terdegradasi pada akhir musim.

Masalah-masalah klub juga melampaui urusan di dalam lapangan, seperti saat Grosso mengalami cedera pada bulan lalu saat bus tim Lyon dilempari batu saat hendak melawat ke markas Marseille. Akibat serangan itu Grosso mendapat luka di wajahnya yang membuatnya harus dijahit.

Baca juga: Olympique Lyon resmi dapatkan eks Arsenal Ainsley Maitland-Niles

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023