Kami berterima kasih kepada Woodrow West dan Ian Gaynair dan salut atas keberanian mereka...
Oregon (ANTARA News) - Dua pemain sepak bola nasional Belize menyatakan bahwa mereka mendapat godaan suap menjelang pertandingan pembuka Piala Emas CONCACAF lawan Amerika Serikat, kata konfederasi sepak bola itu, Kamis.

Woodrow West dan Ian Gaynair menyatakan kepada CONCACAF bahwa mereka didatangi orang menjelang pertandingan yang berakhir dengan kekalahan mereka 1-6 dari Amerika di Portland, Oregon, pada pertandingan penyisihan grup turnamen regional itu.

Menurut laporan Reuters, Konfederasi Asosiasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF) mengatakan, mereka sudah melancarkan penyelidikan bersama FIFA tentang usaha penyuapan pemain itu.

Rincian tentang usaha penyuapan itu tidak disebutkan dengan jelas tetapi menyatakan ada "manipulasi pertandingan" dalam pernyataan mereka dan menyebutkan mereka sudah menduga siapa di balik usaha penyuapan itu.

"Kami berterima kasih kepada Woodrow West dan Ian Gaynair dan salut atas keberanian mereka menampik usaha penyuapan itu. Ini menimbulkan integritas tinggi mereka dalam permainan," katanya seperti dikutip Reuters.

Secara internasional, dunia sepak bola sedang menghadapi masalah sama, adanya usaha penyuapan dan meningkatkan usaha mengatur pertandingan, yang dilakukan oleh sindikat judi.

Penerjemah: AR Loebis

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013