Budapest (ANTARA) - Sekelompok pelajar dan pengajar diundang ke sebuah acara open day jalur kereta Hungaria-Serbia, yang didanai China, di Budapest, Hungaria, Kamis (30/11).

Sebanyak 28 pengunjung dari Departemen Studi China di Universitas Lorand Eotvos Hungaria memulai tur mereka di Taksony, sebuah kota berjarak 20 Km di sebelah selatan Budapest.

Para pakar dari tim proyek jalur kereta Hungaria-Serbia mempresentasikan gambaran umum tentang seksi Hungaria dari jalur kereta tersebut dan memamerkan beberapa peralatan khusus, termasuk lengan kawat kontak, peralatan pencairan salju, dan sistem sinyal, kepada para pengajar dan pelajar di sebuah laboratorium produk perkeretaapian.
 
   Para guru dan siswa dari Departemen Studi Tiongkok di Universitas Lorand Eotvos Hungaria mengunjungi Laboratorium Produk Kereta Api Hongaria-Serbia di Budapest, Hungaria, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/Xinhua/Chen Hao)


Li Yadan, dari tim manajemen proyek itu, mengatakan bahwa acara open day tersebut bertujuan untuk mendemonstrasikan seluk-beluk pembangunan jalur kereta itu kepada masyarakat setempat.

Li menjelaskan acara-acara serupa akan diadakan di masa depan untuk semakin memperkaya wawasan masyarakat tentang pengembangan proyek tersebut.

Jalur Kereta Hungaria-Serbia merupakan salah satu proyek unggulan dari Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra China.

Jalur kereta itu akan menghubungkan Budapest di Hungaria dengan Beograd di Serbia, serta diperkirakan memangkas waktu tempuh antara kedua kota tersebut dari delapan jam menjadi sekitar 3,5 jam.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023