Pada 23 November, pukul 13.30, Layanan Kenangan Resmi Soka Gakkai diadakan di Auditorium Toda Memorial di Tokyo, untuk Daisaku Ikeda, Presiden Kehormatan Soka Gakkai dan Presiden Soka Gakkai International (SGI), yang meninggal pada 15 November, pada usia 95 tahun. Layanan ini disiarkan langsung ke lebih dari 1000 pusat Soka Gakkai di seluruh Jepang.

Setelah pembacaan sebagian Sutra Teratai dan lantunan Nam-myoho-renge-kyo, apresiasi diungkapkan oleh Wakil Presiden Senior Hiromasa Ikeda atas nama keluarga Ikeda, dan Pemimpin Nasional Wanita Kimiko Nagaishi serta Presiden Soka Gakkai Minoru Harada memberikan penghormatan.

Harada menyatakan bahwa pesan duka yang diterima dari tokoh-tokoh terkenal di seluruh dunia menunjukkan prestasi terbesar Ikeda yaitu "membangun ikatan, menyatukan orang, dan menghubungkan kebaikan bawaan dalam hati mereka, melampaui ras, ideologi, dan agama." Dia menekankan bahwa anggota Soka Gakkai bertekad untuk melanjutkan warisan Ikeda dalam membuka jalan menuju perdamaian, menuju peringatan ulang tahun ke-100 organisasi pada tahun 2030.

Dalam penghormatannya, Duta Besar Anwarul K. Chowdhury, mantan Wakil Sekretaris Jenderal dan Perwakilan Tinggi PBB, menulis, "Dia memberikan umat manusia harapan dan arahan untuk menghadapi dengan keberanian kompleksitas dan tantangan dunia saat ini. Saya menghormati energi kreatifnya dan lingkup intelektualnya untuk menguraikan dan menyampaikan dimensi-nilai dan cita-cita kemanusiaan untuk membawa yang terbaik di antara kita."

Daisaku Ikeda adalah seorang filsuf Buddha, pembangun perdamaian, pendidik, penulis, dan penyair yang menyerahkan hidupnya untuk mempromosikan perdamaian melalui dialog dan memimpin pengembangan internasional organisasi Buddha Soka Gakkai. Ia lahir di Tokyo pada 2 Januari 1928, dan menyaksikan horor Perang Dunia II sebagai seorang remaja. Kematian kakak tertuanya dalam tugas di Myanmar memantik kebencian seumur hidupnya terhadap perang.

Pada tahun 1947, Ikeda bertemu dengan Josei Toda, seorang pacifis dan pemimpin Soka Gakkai yang pernah dipenjarakan oleh pemerintah militer selama perang. Ikeda menganggap Toda sebagai mentornya dan membantu menyebarkan Buddhisme Nichiren, yang bertujuan untuk membangun masyarakat berdasarkan rasa hormat terhadap martabat dan kesetaraan dasar semua orang. Ikeda juga mempromosikan konsep "revolusi manusia" - transformasi yang berorientasi pada dalam yang memicu perubahan sosial.

Pada Mei 1960, Ikeda diangkat sebagai presiden ketiga Soka Gakkai pada usia 32 tahun. Dia mendorong orang-orang yang berjuang di tengah realitas kehidupan yang keras untuk percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mengubah takdir mereka.

Mulai dari tahun 1970-an, Ikeda melakukan dialog lintas budaya dengan tokoh-tokoh terkenal, termasuk sejarawan Inggris Arnold Toynbee dan mantan Presiden Soviet Mikhail Gorbachev, untuk menemukan solusi bersama terhadap masalah-masalah kompleks yang dihadapi umat manusia. Lebih dari 80 dialog ini telah diterbitkan dalam bentuk buku.

Dia juga mempromosikan pertukaran antarmanusia antara China dan Jepang, percaya bahwa keterlibatan konstruktif dengan China adalah fundamental untuk stabilitas regional. Pada pertengahan tahun 1970-an, dia juga terlibat dalam diplomasi warga antara China, Uni Soviet, dan Amerika Serikat, untuk membantu meredakan ketegangan Perang Dingin.

Sebagai pembela gencar penghapusan senjata nuklir, Ikeda adalah seorang yang teguh dalam keyakinannya akan peran sentral Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai forum perdamaian. Dari tahun 1983 hingga 2022, ia menulis proposal perdamaian tahunan yang menawarkan saran konkret untuk membangun budaya perdamaian yang abadi.


Soka Gakkai adalah organisasi Buddha berbasis masyarakat global dengan 12 juta anggota. Daisaku Ikeda (1928-2023) adalah Presiden Soka Gakkai dari tahun 1960-79 dan Presiden pendiri SGI sejak tahun 1975.



Sumber: Soka Gakkai



Kontak:
Yuki Kawanaka
Kantor Informasi Publik Internasional
Soka Gakkai
+81-80-5957-4919
kawanaka[at]soka.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023