Kediri (ANTARA) - Tim putra BIN Pasundan untuk pertama kalinya meraih kemenangan atas LavAni pada final four putaran pertama Livoli Divisi Utama 2023 di GOR Jayabaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

Kemenangan pertama BIN Pasundan atas LavAni ini diraih dengan skor 3-1 (25-23, 25-23, 18-25, 25-18). Pada laga-laga sebelumnya, baik Livoli maupun Proliga, BIN Pasundan tak pernah menang dari LavAni.

"Ya betul ini kekalahan pertama kami dari BIN Pasundan, sejak BIN Pasundan ikut Proliga tahun lalu," kata asisten pelatih LavAni Samsul Jais usai laga.

Pada laga putaran reguler pertama di Tangerang lalu, BIN Pasundan mengalami dua kekalahan yakni di babak penyisihan dan final dengan skor yang sama 1-3.

Menurut Samsul, dalam laga ini LavAni memang lemah dalam servis dan spike.

"Karena servis yang lemah lawan bisa melakukan variasi serangan," kata Samsul.

Baca juga: BIN Pasundan raih kemenangan pertama Livoli 2023

Pada set pertama setelah poin delapan, BIN Pasundan semakin berani, dan LavAni semakin tertekan.

"Sehingga situasi tersebut dimanfaatkan oleh tim lawan untuk mengalahkan tim kami," kata dia.

Sedangkan pada set kedua LavAni dengan pemain-pemain muda di dalamnya itu mampu mengejar ketertinggalan lima poin dan bisa disamakan 23-23.

"Tapi dengan dua kali servis kita mati dan lawan mampu memenangkan set kedua itu," ujar Samsul.

Pada set ketiga Dio Zulfikri dan kawan-kawan mampu membalikkan keadaan dengan meraih set ketiga. Namun pada set keempat BIN Pasundan mampu menyelesaikan dan memenangkan laga dengan skor 3-1.

Baca juga: LavAni petik kemenangan pertama

Dengan kemenangan itu, BIN Pasundan memimpin klasemen sementara dengan poin enam berkat kemenangan 3-0 dan 3-1.

Sedangkan LavAni berada di posisi kedua dari hasil sekali menang dan sekali kalah. Sama yang dicapai Indomaret, tapi LavAni lebih baik set rata-rata.

Pada laga sebelumnya, juara bertahan Indomaret Sidoarjo kembali menuntaskan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi 3-0 (25-19, 25-20, 25-22).

Pada pertemuan di Magetan, Indomaret juga mampu meraih kemenangan atas tim promosi dari divisi satu itu, baik pada penyisihan dan final putaran reguler kedua di Magetan.

Tim Indomaret pada hari pertama final four, Jumat (1/12) dikalahkan BIN Pasundan dengan skor 0-3.

Manajer tim Indomaret, Sutono mengatakan timnya harus meraih kemenangan.

Sedangkan pelatih PDAM, Rohadi Mulyo menyebut para pemainnya menurun semangat juangnya. Namun, Rohadi merasa puas kalau permainan tim asuhannya lebih baik dari laga pertama.

"Hari ini anak-anak main lebih bagus dari hari pertama," ujar Rohadi.

Baca juga: Tim putri TNI AU bungkam Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023