Bogor (ANTARA News) - Direktur SEAMEO BIOTROP Dr Bambang Purwantara mengatakan banyak usaha di sektor pertanian yang perlu dikembangkan oleh para wirausaha muda.

"Kita butuh usahawan muda untuk mengembangkan sektor pertanian kita," kata Bambang saat menjadi pembicara kunci dalam kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan, bidang kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja Antara dengan sejumlah mitra, di Kampus SEAMEO BIOTROP, Bogor, Sabtu.

Bambang mengatakan, sebagai negara ASEAN dengan jumlah penduduk terbanyak, menjadikan Indonesia sebagai konsumen terbesar dalam bidang pangan.

"Hendaknya kita tidak hanya menjadi konsumen terbesar pertanian, tapi dituntut untuk mampu menjadi produsen produk pertanian," katanya.

Namun kenyataannya, lanjut Bambang, sebagai negara yang memiliki potensi sumber daya alam terbesar tapi masih mengimpor dikarenakan belum mampu mengelola sumber daya alam yang ada secara baik.

"Jadi ini tugas generasi muda untuk menyelesaikannya," kata Bambang.

Bambang menyebutkan, sebagai organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara pada Pusat Regional Asia Tenggara untuk Biologi Tropika (SEAMEO-BIOTROP) memberikan dukungan penuh pada kegiatan yang bersifat pelatihan seperti yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja Antara.

"Dari tahun 2009-2012 tercatat sebanyak 7.551 orang berkunjung ke BIOTROP, ini tidak hanya dari dalam negeri tapi bahkan luar negeri," katanya.

Ia menjelaskan, BIOTROP memberikan pelatihan di antaranya pertanian organik, perikanan, seperti budi daya ikan gabus, nila, gurame, lele dengan kolam terpal (knock down), jamur tiram, kuping, dan lainnya.

Di BIOTROP juga terdapat budidaya Sorghum, produsen bibit Jati Emas dengan teknik kultur jaringan, budidaya lima varian pisang, tanaman hias, hingga jabon.


Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013