Jakarta (ANTARA) - Kiai karismatik sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Roudotul Ulum, Cidahu, Pandeglang, Banten K.H. Abuya Murtadho mendukung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto pada kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Abuya Murtadho yang akrab disapa Abah Mur kepada Prabowo saat berkunjung ke pondok pesantren yang dipimpinnya tersebut.

"Tadi saya juga berdoa, semoga Prabowo dijadikan presiden ke-8, dijadikan imam untuk Indonesia dari hari ini ke depan, langsung diaminin beliau dan kami sekeluarga," kata Abah Mur di Ponpes Roudotul Ulum, Cidahu, Pandeglang, Banten, Minggu.

Selain itu, Abah Mur mengatakan bahwa dirinya juga mendoakan capres nomor urut 2 itu untuk dapat mewujudkan cita-cita para leluhur, yakni menjadikan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai jati diri bangsa dan mengamalkan Pancasila.

"Jadi jangan hanya dijadikan semboyan karena itu (UUD 1945) adalah jati diri anak bangsa, Insyaallah kalau kembali ke UUD 1945 dan Pancasila termasuk menyejahterakan rakyatnya akan berhasil," imbuhnya.

Sementara itu usai pertemuan, Prabowo mengatakan bahwa Abah Mur memberikan nasihat kepada dirinya tentang pentingnya kepedulian terhadap NKRI, menjaga keutuhan bangsa, dan menunjukkan perhatian khusus kepada rakyat, terutama umat Islam.

"Tadi didoakan semoga amanah jadi presiden. Ada pula nasihat dan wejangan isinya kepedulian kepada NKRI, keutuhan bangsa dan peduli kepada rakyat khususnya umat Islam," ujar Prabowo.

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Banten Airin Rachmy Diani, Sabtu (2/12), mengatakan bahwa Prabowo Subianto akan mengisi kegiatan kampanyenya dengan bersilaturahmi di sejumlah pondok pesantren dan bertemu dengan kiai dan tokoh besar Banten.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKD Banten targetkan kemenangan Prabowo -Gibran satu putaran pilpres
Baca juga: Pendekar Banten dukung langkah Prabowo di Pilpres 2024

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023