Para penerima BLT ini kami prioritaskan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Hulu Sungai Utara
Hulu Sungai Utara, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp6,3 miliar kepada 10.615 keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah itu.

“BLT ini bersumber dari dana insentif pemerintah pusat yang disalurkan melalui APBD perubahan 2023. Saya berpesan jika mengetahui ada masyarakat yang layak dibantu namun belum tersentuh, tolong laporkan ke aparat desa,” kata Penjabat (PJ) Bupati HSU Zakly Asswan di Hulu Sungai Utara Kalsel, Minggu.

Ia menyebutkan, dari total 10.615 KPM itu masing-masing menerima Rp600.000 yang terdiri dari 218 desa/kelurahan.

Pemerintah setempat sudah menyalurkan BLT untuk empat kelurahan pada beberapa waktu lalu, sedangkan 214 desa lagi akan disalurkan pada 4-5 Desember 2023.

“Semoga bantuan dari pemerintah ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Dia menjelaskan, penyerahan BLT itu merupakan amanah dari pemerintah pusat kepada Pemkab Hulu Sungai Utara. Karena itu, harus diberikan dengan tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati menyerahkan BLT secara simbolis kepada KPM didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSU Surya Supi beserta jajaran.

Kepala Dinsos HSU Surya Supi mengatakan penyaluran BLT bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat prasejahtera dalam rangka mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Hulu Sungai Utara baik secara kuantitas maupun kualitas.

Berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial dan masyarakat dinas setempat, dari 10.615 KPM itu diajukan dan disepakati melalui musyawarah desa/kelurahan pada beberapa waktu lalu.

“Para penerima BLT ini kami prioritaskan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Hulu Sungai Utara,” kata Surya.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023