... pengemudi kurang hati-hati... "
Jakarta (ANTARA News) - Patung Arjuna Wijaya yang kondang disebut Patung Kuda, di simpang Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, "ketamuan". Bukan orang atau kuda yang bertamu, tapi mobil kencang yang menerjang patung dari perunggu itu, Senin dini hari tadi.

Adalah mobil Toyota Kijang bernomor registrasi B 1716 FKM yang dikemudikan Chandra Winata, yang menerjang. Kuat dugaan polisi, hal itu terjadi karena Winata lepas kendali sepenuhnya. 

"Diduga pengemudi kurang hati-hati," kata Kepala Subdit Penegakan Hukum Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hindarsono, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Hindarsono mengungkapkan Winata mengemudikan kendaraan dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan menuju kawasan Tanah Abang, melalui Jalan Budi Kemuliaan di samping Kantor Pusat Bank Indonesia.

Petugas kepolisian menduga pengemudi mengira jalan lurus, padahal di depan terdapat bundaran, sehingga mobil menabrak pembatas jalan, kemudian masuk ke kolam air. Di ujung sekaligus pertemuan Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Selatan memang ada kolam dan air mancur.

Akibat kecelakaan tersebut, Hindarsono menuturkan tidak ada korban jiwa, namun terdapat kerugian materil dari pengemudi dan kerusakan sarana jalan.

Saat ini, petugas kepolisian telah menahan Winata atas ulahnya merusak fasilitas umum itu, dan barang bukti berupa kendaraan.

(T014/Y008)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013