Karena masih bisa ditampung, mobilisasi angkanya di bawah Lebaran
Jakarta (ANTARA) - Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk (JSMR), Lisye Octaviana mengatakan Jasa Marga tidak mengusulkan adanya potongan (diskon) tarif tol selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Kami di JSMR ngga usulkan tarif di bawah Natal dan Tahun Baru (Nataru). Karena masih bisa ditampung, mobilisasi angkanya di bawah Lebaran,” ujar Lisye dalam konferensi pers di Kantor Jasa Marga, Jakarta, Senin.

Ia menuturkan alasan Jasa Marga meniadakan diskon tarif tol adalah mobilitas mobil pada periode libur Nataru tidak seramai seperti saat libur Hari Raya Idul Fitri.

“Di Lebaran, kami untuk distribusikan lalu lintas, biar ga numpuk satu waktu, periode Lebaran kemarin kan panjang. Jadi, ada titik- titik waktu yang jadi puncak. Kapasitas jalannya walau ada rekayasa lalu lintas tetep ga ketampung. Jadi, tujuannya diskon tarif untuk distribusi lalu lintas,” ujar Lisye.

Lisye menjelaskan, penerapan diskon tarif tol pada periode libur Lebaran dilaksanakan untuk mendistribusikan lalu lintas, sehingga tidak menumpuk pada waktu perjalanan tertentu.

Ia menyebut periode libur Lebaran 2023 juga cukup panjang dan telah diprediksi beberapa titik waktu yang menjadi puncak lalu lintas.

Dalam kesempatan ini, Lisye mengatakan Jasa Marga telah berkoordinasi secara intens dengan berbagai pihak, diantaranya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisian RI, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, dan pemerintah daerah setempat.

Koordinasi tersebut dalam rangka persiapan untuk mengantisipasi peningkatan layanan, peningkatan volume, serta kepadatan pada jalur, gerbang tol, maupun rest area.

“Langkah antisipasinya seperti apa, mulai dari rekayasa lalu lintas. Dari sisi internal, sarana prasarana akan kita tambahkan untuk mengatur lalu lintas dan kepadatan penambahan mobile reader untuk penambahan jumlah transaksi,” ujar Lisye.

Baca juga: BPS: Program diskon tarif tol mampu tekan inflasi saat periode Lebaran
Baca juga: Tarif lima ruas tol didiskon saat mudik Lebaran
Baca juga: PUPR: Diskon tarif tol berkontribusi distribusikan lalin Lebaran

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023