Riau patut berbangga masih memiliki gajah, karena itu satwa tersebut harus terus kita lindungi demi kelangsungan habitat mereka. Anak-anak kelak akan menjadi dewasa, saat mereka dewasa harapan kita mereka masih bisa melihat satwa tersebut
Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan bersama Rimba Satwa Foundation (RSF) memotivasi sejumlah pelajar SMPS Islam Terpadu Ibadurrahman Duri Boarding School (IDBS) Bengkalis agar menjaga habitat Gajah Sumatera dan lingkungan.

"Edukasi tersebut bertema Riau Bangga Punya Gajah, menambah pengetahuan pelajar dan memahami karakteristik gajah hingga habitat satwa dilindungi itu penting," kata Sekretaris Perusahaan PHR WK Rokan Rudi Ariffianto dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Dalam kegiatan tersebut pelajar mendapat pemahaman tentang habitat Gajah Sumatera yang hampir punah dan ilmu menjaga kelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistem hutan di Riau

"Riau patut berbangga masih memiliki gajah, karena itu satwa tersebut harus terus kita lindungi demi kelangsungan habitat mereka. Anak-anak kelak akan menjadi dewasa, saat mereka dewasa harapan kita mereka masih bisa melihat satwa tersebut. Mari sama-sama kita jaga populasi dan habitatnya," kata Rudi.

Baca juga: SKK Migas dan PHR komitmen menjaga kelestarian Gajah Sumatera

Sejauh ini PHR bersama RSF, kata dia, terus melakukan program konservasi Gajah Sumatera dengan berbagai aksi, salah satunya lewat program agroforestri dan mensosialisasikan langsung kepada masyarakat yang berada di kantong Balai Raja dan Giam Siak Kecil.

Sejak 2011 Gajah Sumatera termasuk dalam daftar merah The International Union for Conservation of Nature (IUCN), dengan status kritis atau sangat terancam punah (critically endangered) karena populasinya terus menurun lebih dari 80 persen dalam waktu tiga generasi terakhir atau sekitar 75 tahun.

Penurunan populasi tersebut terutama disebabkan hilangnya habitat, degradasi hutan, dan fragmentasi habitat, serta perburuan.

"Peran Pentahelix PHR merupakan salah satu upaya untuk melestarikan gajah dan habitat mereka di alam," katanya.

Kepala SMPS Islam Terpadu Ibadurrahman Duri Boarding School (IDBS) Elka Yulia Ningsih mengaku bangga pelajar asal sekolah mereka mendapat edukasi tentang konservasi Gajah Sumatera.

"Sekolah ini juga tidak jauh dari area perlintasan gajah. Semoga para siswa semakin cinta alam dan bisa berkontribusi bagi lingkungan," katanya.

Baca juga: Seekor bayi gajah sumatera lahir di Pelalawan Riau
Baca juga: BBKSDA Riau tanam 600 pohon pisang di tol Permai cegah gajah melintas



 
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023